Densus Ringkus 9 Orang Rancang Teror Bom Akhir Tahun

Densus Ringkus 9 Orang Rancang Teror Bom Akhir Tahun

Densus 88 Antiteror menangkap tiga terduga teroris di Mojokerto, Jatim. (foto - ist)

Jakarta -  Densus 88 Antiteror sedikitnya menangkap sembilan orang di lima wilayah berbeda di Pulau Jawa. Mereka diduga tengah merancang untuk melakukan teror di bulan Desember ini. Lima daerah tangkapan itu, yaitu di Cilacap, Tasikmalaya, Sukoharjo, Mojokerto dan Gresik.
 
"Mereka membuat bom untuk melakukan aksi teror, salah satu yang mereka targetkan yakni  kelompok Syiah dan tempat-tempat tertentu," kata Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti di Jakarta, Minggu (20/12/2015). Sejauh ini, ia pun belum bisa memastikan apakah bom-bom yang akan dirakit kelompok itu juga menyasar Natal dan Tahun Baru.
 
"Belum jelas, karena mereka masih merencanakan. Namun ada rencana mereka beraksi bulan Desember ini," katanya. Bom tersebut, lanjutnya memang belum dirakit oleh para tersangka teroris. "Masih material, bahan," tegas Badrodin.
 
Sementara itu, sejumlah orang terduga teroris yang ditangkap Densus 88 di Kota Mokokerto, Jawa Timur, dan Sukoharjo, Jawa Tengah, antara lain BR alias KR alias AM alias MCA, warga Trowulan; TGH alias BSK, warga Puri, Kabupaten Mojokerto; dan IIW alias IMR, warga Banyumas, Jawa Tengah. 
 
Belum diketahui pasti, apakah aksi penangkapan oleh Densus 88 itu berkaitan dengan kelompok radikal Islamic State of Iraq and Suriah (ISIS) atau lainnya. Sejauh ini belum ada keterangan resmi disampaikan kepolisian terkait tindakan tersebut.
 
Dalam kaitan itu, salah seorang mantan narapidana kasus terorisme Ali Fauzi, meminta pihak kepolisian waspada adanya tanda-tanda gerakan rencana pengacauan perayaan Natal dan Tahun Baru oleh kelompok radikal ISIS. 
 
Disebutkan ada tiga WNI asal Lamongan yang baru pulang dari Suriah, meski tak menyebut langsung keterkaitan mereka dengan ISIS atau kelompok radikal lainnya. "Itu kasus lama, belum saatnya saya ungkap," tutur adik bomber Bom Bali, Amrozi dan Ali Imron itu.
 
Sejauh ini belum diketahui pasti keberadaan tiga terduga teroris yang ditangkap Densus 88 di Mojokerto. Mereka masih ditahan petugas kepolisian Jatim atau sudah ditahan di Mabes Polri. Pihak kepolisian masih mencari bukti lebih lanjut dan jaringan para tersangka teroris itu. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,