Tarakan Diguncang Gempa Beruntun Berkekuatan 6,1 SR

Tarakan Diguncang Gempa Beruntun Berkekuatan 6,1 SR

Tarakan di Kalimantan Timur diguncang gempa 6,1 SR. (foto - Google)

Jakarta - Sedikitnya tujuh rumah warga mengalami kerusakan, menyusul gempa berkekuatan 6,1 pada skala Richter (SR) yang mengguncang Tarakan, Kalimantan Timur, Senin dinihari sekitar pukul 02.47 Wita. 

"Untuk data sementara kerugian material, yakni tujuh unit rumah warga rusak," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho dalam rilisnya, Senin (21/12/2015).

Dari tujuh rumah yang rusak tersebut antara lain terjadi di wilayah RT 18, Kelurahan Selumit Pantai, Kecamatan Tarakan tengah ada dua rumah yang rusak yaitu milik warga atas nama Baharuddin dan Syahrudin Kabosi.

"Untuk rumah warga atas nama Baharudin mengalami kerusakan. Tiang rumah tertanam rata dengan tanah dan rumah atas nama Syahrudin Kabosi kondisi rumah roboh," tegasnya. Seangkan di RT 05 Kelurahan Juata Kerikil terdapat empat rumah yang rusak dan mengalami longsor di bagian dapur. "Di RT 01 Kelurahan Juata Laut, satu rumah yang sementara dibangun milik pak Mujirin rusak atau ambruk," kata Sutopo. Adapun untuk korban jiwa nihil dan BPBD masih melakukan pendataan.

Menurut data BMKG, gempa tersebut berkekuatan 6,1 SR dan terjadi selama beberapa kali. Sementara pusat gempa berada pada 29 km timur laut Tarakan. Gempa pertama kali terjadi pada 02.47 Wita, kedua pukul 03.01 Wita, ketiga pukul 04.07 Wita dan keempat 05.40 Wita. Hingga saat ini gempa susulan dengan intensitas bervariasi hingga siang ini.

Gempa disebabkan adanya pergeseran lempeng tektonik pada kedalaman 10 km di Timur Laut Tarakan, sekitar Pulau Bunyu, Kabupaten Bulungan, dan tidak berpotensi tsunami. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,