Blatter dan Platini Dihukum 8 Tahun Lepas dari Sepakbola

Blatter dan Platini Dihukum 8 Tahun Lepas dari Sepakbola

Sepp Blatter dan Michel Platini dihukum selama delapan tahun. (foto - ist)

Nyon - Terkait dugaan suap, Komite Etika FIFA mengeluarkan pernyataan resmi, yakni menghukum Sepp Blatter dan Michel Platini selama delapan tahun tidak boleh berkecimpung di dunia sepakbola. 
 
Dikutip dari Independent, Senin (21/12/2015) Ketua Hakim Komite Etik FIFA, Hans-Joachim Eckert membacakan putusan itu, hari Senin ini. Komite Etik FIFA merasa keduanya secara sah melakukan tindakan suap sebesar 2 juta franc Swiss, atau sekitar Rp 27 miliar pada 2011.

Selain hukuman delapan tahun tak boleh berkecimpung di dunia sepakbola, keduanya juga dikanai denda. Blatter didenda 46 ribu euro atau sekitar Rp 690 juta. Sedangkan Platini didenda 74 ribu euro atau Rp 1,1 miliar, setelah dinyatakan bersalah melanggar kode etik.
 
"Komite etik yang diketuai oleh Hans-Joachim Eckert memutuskan untuk melarang Joseph S. Blatter, presiden FIFA dan Michel Platini, wakil presiden dan anggota komite eksekutif FIFA dan presiden UEFA, selama delapan tahun dari semua kegiatan yang berhubungan dengan sepakbola. Baik dalam segi administrasi, olahraga atau lainnya di tingkat nasional dan internasional. Hukuman mulai berlaku segera," tulis pernyataan Komite Etik FIFA.

Sementara itu, skandal suap di FIFA mulai tercium pada Mei 2015 saat kongres pemilihan Presiden FIFA. Saat itu, beberapa pejabat teras FIFA ditangkap satu hari sebelum pemilihan berlangsung. (Jr.)**
.

Categories:Sepak bola,
Tags:,