Teroris Siapkan 'Pengantin' Malam Natal dan Tahun Baru

Teroris Siapkan 'Pengantin' Malam Natal dan Tahun Baru

Tiga orang yang ditangkap Densus pentolan Jamiyah Islamiyah cabang Al-Qaeda di Asia Tenggara. (foto - ilustrasi)

Jakarta - Tiga orang yang ditangkap Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri di rumah No. 78 di Jalan Empunala, Kelurahan Balong Sari, Kota Mojokerto, ternyata bukan orang sembarangan. Mereka merupakan pentolan Jamiyah Islamiyah cabang Al-Qaeda di Asia Tenggara.
 
Kapolres Mojokerto, AKBP Budhi Herdiyanto mengatakan, ketiganya diketahui memiliki peran sangat penting karena sebagai ahli strategi perang dan perakit bahan peladak atau bom. Berdasarkan penyelidikan, ketiganya telah menyiapkan peledak dan 'pengantin' untuk melakukan serangan pada malam Natal.
 
"Ketiganya, yakni Moch Choirul Anam alis Bravo alias Kartolo alias Amin yang tinggal di kawasan Trowulan. Kemudian Teguh alias Basuki, warga Desa Mlaten serta Imran warga Empulan Kota Mojokerto," kata Budhi Herdiyanto, Senin (21/12/2015).

Menurutnya, ketiganya memang berencana untuk melancarkan aksi saat umat Kristiani merayakan Natal dan saat pergantian tahun. "Tidak tanggung-tanggung, target sasarannya yakni Polda Metro Jaya di Jakarta, Markas TNI di Mojokerto, Jatim dan puluhan gereja di beberapa daerah," tegasnya.
 
Sejauh ini, petugas masih melakukan pengamanan di lokasi penggerebekan. Garis polisi juga masih terpasang di lokasi. Pengamanan juga dilakukan di rumah di kawasan Mlaten, Kecamatan Puri, yang sebelumnya sempat disisir petugas Gegana Polda Pati.  "Dua jirigen cairan bahan untuk membuat bom pun ditemukan dari lokasi ini," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,