Tol Jakarta-Cikampek Lumpuh, Imbas Libur Panjang

Tol Jakarta-Cikampek Lumpuh, Imbas Libur Panjang

Arus lalu lintas di sekitar pintu gerbang Tol Cikampek lumpuh, Kamis (24/12/2015) siang. (foto - ist)

Jakarta - Libur panjang menuju akhir pekan berbarengan dengan peringatan Maulid Nabi, Natal, dan Tahun Baru 2016, sebagian besar warga Jakarta berlibur ke luar kota. Imbasnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya terpaksa melakukan penutupan di pintu gerbang tol, akibat lumpuhnya arus kendaraan akibat kepadatan yang cukup panjang.
 
"Tol menuju Cikampek padat banget sampai ke Kilometer 30," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Risyapudin, Kamis (24/12/2015). Ia pun belum mengetahui hingga pukul berapa pintu masuk gerbang tol itu akan ditutup. Seejauh ini, pihaknya masih menunggu terurainya kemacetan yang sudah berada di Cawang.
 
"Itu situasional. Kita lagi mencoba tambah kecepatan setelah Km 30 di Karawang sana. Jika ekornya sudah sampai Cawang, nanti akan kita buka, karena sekarang ini ekornya masih sampai di seputaran Grogol dan Slipi," katanya.
 
Di dalam kota Jakarta sendiri, sejumlah ruas tol hari ini mengalami kemacetan cukup parah. Salah satunya Tol Jorr Bambu Apus arah Cikunir hingga pukul 12.40 WIB macet total, namun sebaliknya lancar.
 
Pantauan dari TMC Polda Metro, begitupun di Tol Cipali arah Pejagan padat, kecepatan hanya 10 km per jam. Persimpangan Tol Japek menuju Tol Cipali padat merayap. Selain itu, kondisi arus lalin di flyover Cikunir arah Cikampek macet. Tol Jorr TB Simatupang Veteran arah Kampung Rambutan dan Cikampek padat merayap.
 
Imbas antrean Gardu Tol Ciawi (KM 45), Tol Cawang arah ke Gadog, lalu lintas terpantau padat mulai dari KM 34. Sedangkan Tol Jorr Km 38 arah Jati Asih juga stuck bahkan dari kemarin sore.
 
Wakasat Patroli Jalan Raya Polda Metro Jaya, Kombes Eko mengatakan, penumpukan jalan tersebut terjadi hingga Km 19 Jakarta-Cikampek. "Macet parah sampai Km19 di Tol Jakarta-Cikampek. Tidak bergerak ini," kata Eko. 
 
Akibatnya polisi pun menutup rest area di Km 19 tersebut agar kemacetan terurai. "Perintah dari Dirlantas (Kombes Risyapudin), anggota disuruh untuk ke arah rest area KM 19 untuk menutup sementara," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,