Malam Tahun Baru di Jabar tanpa Pesta Kembang Api

Malam Tahun Baru di Jabar tanpa Pesta Kembang Api

Di Jabar pesta tahun malam tahun baru tanpa kembang api dan petasan. (foto - ist)

Bandung - Dalam menyambut malam pergantian tahun 2015-2016, Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol Mochamad Taufik menegaskan, di Jawa Barat tidak diperbolehkan ada petasan ataupun pesta kembang api dalam skala besar.
 
Menurutnya, tidak ada kompromi untuk hal tersebut. "Petasan kita larang, sangat kita larang," kata Taufik di Bandung, Jumat (25/12/2015). Bukan hanya larangan, kepolisian pun akan bergerak apabila ada warga Bandung yang menggunakan petasan saat merayakan tahun baru nanti.
 
"Kita akan melakukan razia, bukan hanya di tempat distribusi maupun di tempat peredaran perdagangan eceran, tapi juga di pusat pembuatannya sudah kita razia. Misalnya di Parung Bogor," katanya.
 
Selain petasan, ia juga menyatakan pesta kembang api dalam skala besar juga tidak diperbolehkan. Hal itu sejalan dengan arahan dari Pemprov Jawa Barat, yang tidak menginginkan adanya pesta kembang api di Jawa Barat. "Untuk kembang api, Polda dan pemerintah daerah sudah mengatakan, kita tidak ada perayaan tahun baru dengan pesta kembang api," tegas Taufik.
 
Untuk bisa menggelar pesta kembang api, penyelenggara tidak bisa melakukannya secara sembarangan. "Kalau ada, harus minta izin kepada pihak kepolisian. Namun kita tidak akan berikan izin," lanjutnya. Sebelumnya, Polda Jawa Barat pun sudah menyosialisasikan hal itu pada para pengusaha hotel dan tempat hiburan se-Jawa Barat.
 
"Kita sudah menyampaikan imbauan tentang itu bahwa kita bisa merayakan tahun baru dengan sederhana dan tertib. Yang utama aman, itu saja. Kita syukuri tahun 2015, kita sambut tahun 2016 dengan semangat," katanya.
 
Namun demikian, penggunaan kembang api saat pergantian tahun nanti masih diberi toleransi jika yang dipakai berskala kecil. "Kembang api masih ada, tapi dilarang untuk yang diatas 2 inchi, enggak boleh itu. Yang beberapa waktu menyala terus-terusan enggak boleh," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,