Emil, Wisatawan Masuk Bandung Hindari Pintu Tol Pasteur

Emil, Wisatawan Masuk Bandung Hindari Pintu Tol Pasteur

Beginilai kondisi menuju gerbang Tol Pasteur terutama menjelang akhir pekan. (foto - ist)

Bandung - Kota Bandung tak ayal lagi diserbu kalangan wisatawan baik domestik maupun asing, pada saat libur panjang akhir pekan ini. Sejumlah jalan di seputaran Kota Bandung terutama di kawasan atas (Dago dan sekitarnya), praktis mengalami kemacetan cukup parah. 
 
Lebih parahnya, sebagian besar dari mereka kaum pendatang terutama dari Jawa Barat bagian barat khususnya Jakarta, masuk ki Kota Bandung lewat di gerbang Tol Pasteur. Untuk itu, Walikota Bandung Ridwan Kamil mengimbau kepada para wisatawan yang hendak menikmati liburan di Bandung untuk tidak selalu keluar atau masuk lewat gerbang Tol Pasteur.

Berdasarkan hasil pengamatan beberapa bulan terakhir terutama menjelang akhir pekan dan libur panjang, katanya wisatawan yang datang ke Bandung kerap mengandalkan gerbang Tol Pasteur. Padahal, masih ada beberapa gerbang tol yang bisa dilintasi para wisatawan.

"Mereka yang mau datang ke Bandung jangan selalu melalui pintu Tol Pasteur. Bisa juga lewat pintu Tol M Toha atau Tol Buahbatu yang relatif lancar dan lebih dekat ke pusat kota," kata Emil di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Jumat (25/12/2015).

Menurutnya, hal itu disarankan untuk menghilangkan kejenuhan para wisatawan sendiri yang hendak berlibur. Selama melakukan perjalanan dinas ke luar kota, Emil mengaku tidak selalu menggunakan gerbang Tol Pasteur. "Saya lebih nyaman lewat gerbang Tol M Toha atau Buahbatu kalau mau ke Jakarta. Sebab lewat sana relatif lancar, begitu juga pas balik lagi ke Bandung," aku Emil.

Ia mengimbau, para wisatawan untuk tetap mematuhi peraturan daerah Kota Bandung, salah satunya mengenai sampah. "Tolong bagi kaum pendatang jangan buang sampah sembarangan. Jaga Kota Bandung ini dan ingat tempat sampah di dalam mobil harus ada, tong maen alungkeun wae," tegasnya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,