Banjir di Amerika Selatan Ungsikan Ratusan Ribu Warga

Banjir di Amerika Selatan Ungsikan Ratusan Ribu Warga

Ratusan ribu warga mengungsi, beberapa negara bagian AS dilanda banjir hebat, (foto - ist)

Asuncion - Sebanyak 150.000 orang lebih di Paraguay, Argentina, Uruguay, dan Brasil Amerika Serikat mengungsi, karena rumah mereka dilanda banjir terparah yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir ini. Hujan deras di musim panas menyebabkan sungai meluap ke area yang luas.
 
Sebagaimana dilaporkan BBC, Sabtu (26/12/2015) di Paraguay misalnya, negara yang paling terdampak dinyatakan berstatus darurat oleh Presiden Horacio Cartes. Dana bantuan sekitar 3,5 juta dolar AS atau hampir Rp 50 miliar pun disiapkan.
 
Berdasarkan penjelasan aparat pemerintah setempat, Sungai di Asuncion, ibukota Paraguay hanya tersisa 30 cm sebelum meluap, sehingga bisa menyebabkan banjir di area itu dan berdampak pada ribuan orang yang tinggal di Paraguay, sungai utama negara itu. "Sekitar 200 menara listrik rusak atau roboh karena ditiup angin kencang," katanya.
 
Dalam peristiwa itu empat orang di Paraguay dilaporkan tewas karena tertimpa pohon. Sedangkan di Argentina utara, sekitar 20.000 orang sudah dievakuasi, dan dua lainnya tewas terseret banjir. Provinsi yang paling terkena dampaknya adalah Entre Rios, Corrientes dan Chaco.
 
Sementara di negara bagian Rio Grande do Sul di selatan Brasil, hampir 1.800 keluarga di belasan kota terpaksa mengungsi. Hujan deras mengguyur wilayah ini sejak 18 Desember lalu, dan membuat sungai di Uruguay dan Quarai meluap.
 
Di Uruguay, ribuan orang mengungsi hanya dalam beberapa hari terakhir. Namun sebagian besar dari mereka kini sudah kembali. Diprediksi, beberapa hari ke depan tak ada hujan yang terjadi di perbatasan Brasil-Uruguay. Namun di Paraguay dan Argentina, ketinggian air diperkirakan masih akan meninggi dan berpotensi banjir susulan. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,