Libur Panjang, Pantai Anyer Diserbu Wisatawan

Libur Panjang, Pantai Anyer Diserbu Wisatawan

Wisatawan memadati Pantai Anyer di saat liburan akhir pekan ini. (foto - ist)

Serang - Di hari libur akhir pekan di penghujung tahun ini, Pantai Anyer menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Pantai yang terletak di Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten atau berjarak sekitar 160 km dari Jakarta itu, penuh sesak oleh pengunjung. 
 
Biasanya untuk sampai di Pantai Anyer diperlukan waktu sekitar 2,5 jam dari Jakarta. Bahkan kalau ingin cepat sampai bisa melalui rute Cilegon atau Pandeglang, karena jalurnya lebih dekat.
Namun, dalam suasana liburan seperti sekarang ini jangan harap wisatawan bisa cepat sampai di pantai Anyer.
 
Wisatawan pun banyak terjebak kemacetan, terutama di jalur kawasan pantai Anyer menuju Kota Cilegon. Bahkan kemacetan terjadi hingga sejauh 15 km. "Mau pulang ke Jakarta, habis liburan. Anyer Cilegon biasanya 30 menit, tapi ini hampir tiga jam belum sampe-sampe," keluh salah seorang wisatawan, Sinta, Sabtu (26/12/2015).
 
Sementara itu, pihak kepolisan sejak digelarnya Operasi Lilin Kalimaya 2015 diberlakukan sistem satu arah, pagi dari pukul 08.00 WIB sampai 11.00 WIB. Pihak kepolisian pun memprioritaskan kendaraan yang akan masuk ke Anyer hingga Pantai Carita.
 
Sedangkan pada sore hari, dari pukul 14.00 WIB sampai 17.30 WIB pihak kepolisian akan memprioritaskan kendaraan yang akan keluar dari kawasan objek wisata Anyer atau Pantai Carita.
"Jalur wisata pasti padat, karena libur Natal dan tahun baru juga libur anak sekolah. Pengamanan rute tetap dilakukan agar tidak terjadi kemacetan yang panjang," kata Wakapolda Banten, Kombes Pol Firli.
 
Kendaraan yang didominasi mobil pribadi dan bus tersebut terjebak macet setelah menghabiskan libur panjang dan akan kembali ke daerah masing-masing. Petugas kepolisian terus berupaya mengurai kemacetan terutama di titik titik rawan kemacetan, seperti, Pasar Anyer, Pasar Sirih, didepan kawasan industri Ciwandan dan Simpang JLS.
 
Di Pantai Anyer sendiri, para wisatawan antara lain bisa menikmati pemandangan indahnya Gunung Krakatau, mercusuar tua bersejarah di Cikoneng, pasir putih yang lembut. Lautan biru yang luas serta pepohonan hijau menjadi hiasan dan daya tarik tersendiri bagi mereka untuk mengunjungi Pantai Anyer.
 
Dengan ombaknya yang cukup tenang, wisatawan bisa melakukan banyak hal. Misalnya berenang, diving, snorkeling, naik speedboat, parasailing, membuat patung pasir, jetski, banana boat, atau mengeksplorasi alam di sekitar pantai. (Jr.)**
.

Categories:Wisata,
Tags:,