Abu Vulkanik Gunung Bromo Mengguyur Kota Probolinggo

Abu Vulkanik Gunung Bromo Mengguyur Kota Probolinggo

Gunung Bromo terus semburkan abu vulkanik mengguyur Kota Probolinggo. (foto - ist)

Probolinggo - Abu vulkanik erupsi Gunung Bromo mengguyur sedikitnya lima kecamatan di Kota Probolinggo, Jawa Timur. Kelima kecamatan  tersebut yakni Kecamatan Wonoasih, Kecamatan Kanigaran, Kecamatan Kademangan, Kecamatan Mayangan dan Kecamatan Kedopok.
 
Abu vulkanik sebenarnya sudah mengguyur  Kota Probolinggo sejak sepekan lalu, namun guyuran abu vulkanik yang terparah terjadi pada, Minggu (27/12/2015). Akibatnya, warga mengaku enggan beraktivitas atau keluar rumah karena  tebalnya guyuran abu vulkanik. Warga yang keluar rumah pun terpaksa harus menggunakan masker dan penutup  muka.
 
"Abu vulkanik yang mengenai mata terasa pedih dan mengganggu pernapasan,” kata salah seornag warga, Sinta. Ia berharap, abu vulkanik erupsi Gunung Bromo segera berakhir, karena sangat mengganggu aktivitas warga.
 
Berdasarkan pantauan Pos Gunung Bromo di Desa Ngadisari, Kabupaten  Probolinggo, Gunung Bromo masih terus terjadi erupsi.  Material abu vulkanik yang keluar cenderung mengarah ke timur tenggara.
 
Hal itu menyebabkan rute penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Juanda Surabaya pun terancam tertutup abu. Untuk itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, BMKG Juanda terus mengoptimalkan pemantauan pergerakan abu Gunung Bromo.
 
Sementara  itu, pemantauan terakhir yang dilakukan BMKG Juanda, pergerakan abu vulkanik Gunung Bromo terpantau mengarah ke utara timur laut dengan ketingian 14.000 fiet atau sekitar 3 kilometer di atas permukaan laut.
 
Dengan kondisi ini, abu vulkanik gunung mulai mendekat ke Bandara Juanda dan mengancam jalur penerbangan dari dan ke bandara itu. Meski kemungkinan abu vulkanik Gunung Bromo menutup Bandara Juanda masih kecil.
 
Namun, prakirawati BMKG Juanda, Prita mengatakan tidak menutup kemungkinan abu akan menutup jalur penerbangan dari dan ke Bandara Juanda jika pergerakan angin kencang, mengingat kondisi abu vulkanik yang sudah mendekati bandara. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,