Keracunan, 68 Warga Tasikmalaya Dilarikan ke Puskesmas

Keracunan, 68 Warga Tasikmalaya Dilarikan ke Puskesmas

Sebanyak 68 warga Tasik keracunan makanan dilarikan ke Puskesmas. (foto - pojoksatu.id)

Bandung - Warga Desa Sarimanggu, Karangnunggal, Tasikmalaya, Jawa barat mengalami keracunan massal, setelah menyantap makanan yang disajikan dalam acara hajatan warga setempat. Sedikitnya 68 warga dilarikan ke puskesmas setempat untuk mendapat perawatan medis.

Mereka mengalami muntah-muntah disertai buang air besar dan juga pusing. "Awalnya muntah mual, BAB, pusing habis makan dari hajatan aqiqah tetangga. Makannya nasi, bihun, daging, kacang sayur. Enggak ada yang aneh," kata salah seorang korban keracunan di Puskesmas Karangnunggal, Senin (28/12/2015).

Korban terpaksa dirawat dalam keadaan memprihatinkan di puskesmas, karena keterbatasan fasilitas. Selain tanpa tempat tidur, pasien juga terpaksa dirawat tanpa alas. Bahkan cairan infus harus digantung seadanya dengan menggunakan tali akibat tidak ada tiang infusan.

Sejauh ini, belum diketahui penyebab pasti, namun seluruh korban mengalami gejala yang sama seusai mengonsumsi daging domba, kacang sayur, mie instan dan bihun. Petugas medis menduga keracunan berasal dari daging domba.

"Secara keseluruhan yang sudah terdata tadi malam datang ke puskesmas ada 80 orang. Namun yang merasakan gejala 68 orang yang 12 orang tidak merasakan gejala keracunan," kata dr. Dewi Ligiarti, Dokter Puskesmas Karangnunggal. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,