2016, Bandung Revitalisasi 'Panca Trotoar' di 10 Titik

2016, Bandung Revitalisasi 'Panca Trotoar' di 10 Titik

Suasana trotoar di salah satu sudut di kawasan Jalan Riau Kota Bandung. (foto - ist)

Bandung - Dasar pembuatan trotoar memang harusnya mengacu pada aspek ramah pejalan kaki. "Panca Trotoar" merupakan konsep pembuatan trotoar yang mengacu pada lima dasar sebagai standar untuk pembuatan trotoar pejalan kaki di Kota Bandung.

"Panca Trotoar" tersebut di antaranya, pertama, setiap trotoar apabila memang memungkinkan harus ada kursi sebagai tempat duduk. Kedua, harus ada bola batu yang juga berfungsi sebagai pengamanan.

"Keberadaan ola batu sebenarnya sudah ikut menyelamatkan manusia dan toko di kawasan Braga. Pernah ada orang nabrak, mobilnya yang penyok karena nabrak bola batu," kata Walikota Bandung Ridwan Kamil, Senin (28/12/2015).

Ketiga, setiap trotoar wajib dihiasi dengan bunga yang ditanam di dalam pot berukuran besar. "Keberadaan bunga tersebut, selain untuk aspek keindahan juga mengembalikan Bandung sebagai Kota Kembang," katanya.

Sedangkan yang keempat, untuk menjaga kebersihan, di setiap trotoar wajib disediakan tempat sampah. Dan yang kelima, setiap trotoar harus dilengkapi dengan lampu penerangan jalan umum (PJU). "Harus ada tempat sampah untuk kebersihan Kota Bandung. Sedangkan lampu yang temanya jadul tetap berfungsi sebagai penerangan," tegasnya.

Penerapan "Panca Trotoar"' itu kini sudah bisa dinikmati antara lain di Jalan Asia Afrika, Jalan Braga, Jalan Naripan, dan Jalan Riau dsb. Sementara untuk tahun 2016, Pemkot Bandung akan merevitalisasi 10 titik trotoar dengan standar "Panca Trotoar".

"Untuk tahun depan ada sekitar 10-12 lokasi akan kita revitalisasi. Salah satunya Jalan Dago, mulai dari Jalan Merdeka sampai Simpang, kemudian Jalan Buahbatu, Jalan Moh. Toha, Ahmad Yani, Gatot Subroto dan lain-lain," tambah Emil.

"Dengan demikian, hal tersebut akan merata ke seluruh wilayah Kota Bandung. Namun tentunya revitalisasi di daerah pusat yang lebih didahulukan, karena kunjungan manusianya paling tinggi," tegasnya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,