Bunga Bangkai Indonesia Curi Perhatian Warga Sydney

Bunga Bangkai Indonesia Curi Perhatian Warga Sydney

Warga Sydney, Australia begitu anstusias melihat mekarnya bunga bangkai asli Indonesia. (foto - ist)

Sydney Titanium amorphophallus alias Corpse Flower, atau biasa disebut bunga bangkai asli Indonesia setinggi dua meter mekar di Australia. Sejumlah warga Sydney pun terkagum-kagum melihat bunga yang berbau tajam mirip aroma daging membusuk, atas mekarnya bunga yang ada di Mount Lofty Botanic Garden Sydney.
 
Sejak sekitar dua pekan yang lalu, bunga itu mulai mekar dan helai kelopaknya membuka pada Senin 28 Desember waktu setempat. Antrean pengunjung pun mengular untuk melihat dan mengetahui bau bunga bangkai itu.
 
Seperti dikutip dari BBC, Selasa (29/12/2015) tanaman bunga yang sudah ada sekitar 10 tahun di Mount Lofty Botanic Garden itu, akan mekar hanya dalam 48 jam sebelum layu. Bunga jenis ini di tempat lain di seluruh dunia juga menarik pengunjung ketika mereka mekar. 
 
Menurut kurator hortikultura di kebun Australia Matt Coulter, bunga itu mengeluarkan bau mirip bangkai ikan yang sangat busuk dan menyengat. "Aku hampir pingsan ketika membuka pintu tempat bunga itu berada pagi ini. Aromanya begitu kuat," kata Coulter.
 
Ia yang telah merawat bunga bangkai itu selama 8 tahun, terakhir merasa bangga dan gembira bisa melihat kembang itu mekar untuk pertamakalinya.  "Ini fantastis. Aku pikir bunga itu tak akan pernah mekar," aku Coulter.
 
"Bunga bangkai yang mekar ini memang berasal dari Sumatera, Indonesia sehingga kami menjaganya tetap hangat di musim dingin dan sejuk di musim panas, serta dari terhindar dari kelembaban yang tinggi."
 
Seperti diketahui, bunga bangkai tidak bisa melakukan penyerbukan sendiri, bau busuk yang muncul menarik perhatian lebah dan kumbang. Di alam liar, hewan-hewan ini akan membawa serbuk sari tanaman ke bunga bangkai lainnya, dan ini akan memicu penyerbukan. (Jr.)**
 
.

Categories:Unik,
Tags:,