Taman Sungai Cikapayang Lengkapi Keasrian Bandung

Taman Sungai Cikapayang Lengkapi Keasrian Bandung

Taman Sungai Cikapayang diresmikan Walikota Bandung Ridwan Kamil, Kamis (31/12/2015). (foto - ist)

Bandung - Sebuah ruang publik untuk nongkrong dan selfie menambah perbendaharaan fasilitas taman di Kota Bandung, tepatnya berada di Jalan Merdeka melingkari Taman Dewi Sartika. Ya, ruang publik restorasi Sungai Cikapayang tersebut diresmikan Walikota Bandung Ridwan Kamil, Kamis (31/12/2015) sore.
 
Di ruang publik tersebut, Sungai Cikapayang tampak indah dengan air bersih mengalir yang dilengkapi taman bunga, kursi duduk, serta aksesori batu-batuan. Ada juga jembatan yang menghubungkan pedestrian dan Taman Sungai Cikapayang.
 
Sungai anak Cikapayang yang semula airnya kotor kini bersih karena sudah dijernihkan melalui filter air di ujung Jalan Aceh. Bahkan Kang Emil sendiri bermain air terjun ke sungai yang dalamnya hanya semata kaki.
 
Menurut Emil, dirinya merasa senang dengan adanya wajah baru anak Sungai Cikapayang yang melintas di samping kantornya. "Warga Bandung jika stress datang saja ke Taman Dewi Sartika, nikmati jernihnya air Sungai Cikapayang dengan berendam kaki, stress pasti hilang," katanya.
 
Restorasi Cikapayang yang menelan biaya hingga Rp 5,2 miliar tersebut, dilengkapi pedestrian yang terbuat dari batu berpola, andesit dan jalan untuk penyandang disabilitas. Kontraktor profesional dari sekian banyak proyek pembangunan dan renovasi taman, Restorasi Sungai Cikapayang adalah yang paling sempurna.
 
Emil pun meminta ruang publik restorasi Sungai Cikapayang menjadi contoh dalam membangun taman ataupun infrastruktur publik lainnya. "Standar minimal harus seperti restorasi Sungai Cikapayang. Dinas Binamarga dan Pengairan (DBMP) tolong pakai lagi kontraktor ini lagi," pintanya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Binamarga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung Iskandar Zulkarnaen menyatakan, ruang publik sepanjang 200 meter persegi itu dikerjakan dalam waktu 45 hari kerja dan menghabiskan dana Rp 5,2 miliar.
 
"Air yang mengalir di Sungai Cikapayang dan melintas di ruang publik senantiasa bersih, karena sudah disaring dengan menggunakan mesin pengolah air," katanya. Kontan saja, Restorasi Sungai Cikapayang mengundang decak kagum warga yang melintas kawasan ini, bahkan beberapa pengunjung mengaku serasa berada di luar negeri. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,