Menyemut, Suasana Pergantian Tahun di Bundaran HI

Menyemut, Suasana Pergantian Tahun di Bundaran HI

Suasana di Bundaran HI penuh sesak oleh warga Jakarta yang merayakan pesta malam pergantian tahun. (foto - ist)

Jakarta - Pesta perayaan tutup tahun di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) diperkirakan tak akan seramai tahun lalu, karena tidak akan ada panggung ataupun hiburan lainnya. Pada titik Bundaran HI hanya akan diberlakukan car free night (CFN). Polisi juga telah melarang dan membatasi adanya petasan dan penggunaan kembang api.

Namun demikian, tetap saja seperti pada perayaan tahun-tahun sebelumnya. Warga Jakarta seakan tumplek di Bundaran HI, sehingga tak ada ruang kosong semuanya penuh sesak. Para pengunjung tampak begitu "menyemut" di sekitar Bundaran HI.
 
"Kembang api tidak dilarang tetapi diimbau tidak dinyalakan di tempat umum, sedangkan untuk petasan tidak diperbolehkan sama sekali," kata Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Hendro Pandowo, di Pospol Pengamanan Car Free Night Bundaran HI Jakarta.

‎Ia beralasan penggunaan kembang api kerap disalahgunakan untuk ‎tawuran warga. Karena banyaknya efek bahaya sehingga penggunaan kembang api di Bundaran HI dibatasi. "Karena rawan disalahgunakan, bisa saja ketika dinyalakan malah terkena rumah orang yang bisa menyebabkan kebakaran," katanya.

Menurutnya, warga yang datang ke car free night  tetap mendapatkan hiburan dengan menikmati keindahan ikon Jakarta, yakni patung Bundaran HI‎. "Kan ke sini bisa lihat monumen selamat datang sebagai ikon kota Jakarta, di sini tidak ada pesta perayaan kembang api," tegasnya.
 
Sementara itu, Polda Metro Jaya memberlakukan penutupan di sejumlah jalan yang ada di Ibu kota pada saat perayaan malam tahun baru 2016, berkenaan dengan diselenggarakannya car free night. 
 
Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Risyapudin, penutupan jalan tersebut dikarenakan ada agenda car free night di Jalan Sudirman-Thamrin. Penutupan tersebut diberlakukan mulai pukul 18.00 WIB, hingga pesta perayaan tahun baru selesai. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,