Malam Tahun Baru Bandung-Majalaya Terputus Akibat Banjir

Malam Tahun Baru Bandung-Majalaya Terputus Akibat Banjir

Lalu lintas dari Bandung ke Majalaya terputus akibat banjir di kawasan Ciparay, Kabupaten Bandung. (foto - ist)

Bandung  -  Di malam pergantian tahun ini arus lalu lintas melalui jalan raya Bandung - Majalaya terputus akibat banjir menggenangi kawasan Ciparay, Kabupaten Bandung. Genangan banjir terjadi sejak pukul 17.00 WIB dan terus membesar pada malam hari hingga tidak bisa dilalui kendaraan.

"Praktis, kendaraan kecil tidak bisa melintas, banjir menggenang sepanjang dua kilometer dengan ketinggian hingga 75 sentimeter," kata Dudung, salah seorang sopir angkutan umum trayek Bandung-Majalaya.

Hujan deras yang mengguyur Bandung bagian selatan pada Kamis sore, juga mengakibatkan banjir di sejumlah ruas jalan di Jelekong dan Cangkring. Sedangkan sejumlah anak sungai meluap ke atas jalan sehingga menggenangi jalan yang kemudian memacetkan jalan. "Hujannya luar biasa deras di bagian pegunungan, akibatnya aliran sungai di sini meluap dan tidak muat masuk sungai," katanya.

Sejumlah kendaraan pun harus mencari jalan alternatif, sehingga adanya kemacetan di jalur tembus tak terhindarkan. Kondisi tersebut diperparah oleh para pengendara sepeda motor yang saling serobot, untuk menghindari motornya mogok.

"Di beberapa titik, arus lalu lintas berbaur dengan warga yang merayakan tahun baru. Namun, sepertinya tidak semeriah seperti tahun-tahun sebelumnya karena suasana becek dan hujan," kata Anggi, warga Bandung Selatan.

Di Desa Ciheulang dan Cangkring misalnya, luapan irigasi di kawasan itu mengakibatkan beberapa rumah penduduk digenangi banjir. Sebagian warga membuat tanggul dari karung, bahkan merelakan kasurnya untuk menyumpal pagar agar air tidak masuk ke halaman rumah mereka. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,