Sebuah Ledakan Warnai Perayaan Tutup Tahun di Bandung

Sebuah Ledakan Warnai Perayaan Tutup Tahun di Bandung

Pihak kepolisian dan Pulabfor tengah menyelidiki bekas ledakan di Alun-alun bandung. (foto - ist)

Bandung -  Sebuah ledakan yang diduga bom mewarnai perayaan pergantian tahun di Kota Bandung. Ledakan benda itu tidak jauh dari mobil stasiun televisi TV One di kawasan Alun-alun Bandung, Jumat  dinihari sekitar pukul 01.20 WIB.

Menurut Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono, pihaknya belum bisa memastikan jenis ledakan itu. Dia menduga jenisnya bom molotov. "Belum ada hasilnya, karena barangnya masih dikirim ke labfor Mabes Polri," kata Sulistyo, Jumat (1/1/2016).

Ia menyatakan, pihaknya telah melakukan olah tempat kejadian perkara dan memeriksa sejumlah saksi. Di sekitar lokasi ada benda mirip bom yang meledak, namun dalam keadaan telah rusak. "Kita belum bisa simpulkan, juga apakah mirip rangkaian bom dengan yang meledak itu atau tidak, karena masih kita selidiki," katanya.

Diduga, ledakan itu berkekuatan kecil karena banyak orang di sekeliling lokasi ledakan malah justru tidak mendengar. "Karena tertutup dengan suara kembang api. Namun memang banyak asapnya. Kalau aktivitas warga saat itu biasa saja. Kerusakan berarti juga tidak ada," katanya.

Berdasarkan berita yang dilansir dari tvOne, Jumat 1 Januari 2016, benda tersebut meledak di sekitar kawasan Alun-alun Bandung, tak jauh dari rumah dinas Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Bom meledak di dekat mobil tim tvOne yang tengah melakukan peliputan.
 
Tm dari Polda Jawa Barat telah mengamankan lokasi dan berhasil menemukan beberapa benda yang diduga sebagai bom. "Kami temukan semacam kontainer dengan diameter 12 sentimeter. Ditemukan juga benda yang bentuknya seperti jam dan residu yang diduga sumber dari ledakan," ujar Sulistyo.
 
Saat ini, semua barang bukti telah diamankan dan dibawa ke laboratorium forensik Mabes Polri. Hal itu dilakukan, untuk mengetahui lebih lanjut, apakah benda tersebut benar sebuah bom atau hanya petasan.Labfor Mabes Polri juga akan meneliti lebih lanjut, untuk mengetahui seberapa kuat daya ledak bom tersebut, serta apa saja bahan bakunya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,