Dua Unit Gerbong Kereta Malabar Terbakar di Bandung

Dua Unit Gerbong Kereta Malabar Terbakar di Bandung

Dua unit gerbong Kereta Malabar terbakar di Dipo PT KAI Daop 2 Bandung, Sabtu (2/1/2016). (foto - ist)

Bandung - Ketika dilakukan perbaikan dan perawatan, dua unit gerbong kereta api milik PT KAI terbakar, Sabtu (2/1/2016) sekitar pukul 14.00 WIB.  Kobaran api secara tiba-tiba melumat dua gerbong penumpang eksekutif dan bisnis.

Namun dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa maupun luka. Pihak PT KAI pun masih menginvertarisir materi kerugian dan menyelidiki penyebab kebakaran.

Menurut Kepala Humas PT KAI Daops 2 Bandung Zunerfin, kebakaran tersebut terjadi di Dipo PT KAI Daop 2 Bandung, Jalan Industri, Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung. Lokasi dipo tersebut hanya berjarak sekitar 500 meter dari stasiun Bandung. "Yang terbakar kereta api penumpang dan gerbong makan, yang bergabung dengan pembangkit," katanya. 

Para petugas pun langsung melakukan tindakan dengan mengisolasi dua gerbong tersebut, dan memadamkan api dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). "Mengisolir gerbong ini agar tidak merembet ke gerbong lainnya," katanya.

Namun demikian, upaya pemadaman dengan menggunakan APAR tersebut tidak membuat api melunak. Hingga pada akhirnya sekitar pukul 14.55 WIB petugas Pemadam Kebakaran Kota Bandung tiba di lokasi.

Disebutkan, adapun penyebab kebakaran dua gerbong kereta itu menurutnya masih belum bisa dipastikan. Namun untuk sementara diduga akibat adanya percikan api. "Dugaan sementara karena ada percikan api di genset. Saat itu petugas sedang mengerjakan, kemudian terjadi percikan api. Namun hal itu pun masih akan diselidiki," tegasnya. Saat ini api sudah dipastikan padam.

Mengenai kerugian akibat kebakaran tersebut, Zunerfin masih belum bisa memastikan. "Kalau kerugian belum kita inventarisir. Nanti setelah pemadaman selesai," tegasnya.

Sementara itu, Kabid Pemadaman Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung Yosep Heryansyah mengatakan, pemadaman selesai dilakukan sekitar satu jam kemudian. Pihaknya mengerahkan lima unit armada untuk melakukan pemadaman.

Meski tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, petugas pemadam kebakaran masih melakukan pendinginan di lokasi kebakaran. Tim Inafis Polrestabes Bandung pun terpantau sedang melakukan olah tempat kejadian perkara. "Yang terbakar kereta Malabar," kata Kanit Reskrim Polsek Andir, AKP Tri Wahyu.
 
Tri pun memastikan, tidak ada korban jiwa dalam keejadian tersebut. Namun untuk memadamkan api, sebanyak lima unit mobil pemadam kebakaran Kota Bandung diterjunkan. "Kita masih belum tahu apa penyebabnya," tambah Tri. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,