Kota Bandung Gelar Lomba Adipura Tingkat Kelurahan

Kota Bandung Gelar Lomba Adipura Tingkat Kelurahan

Piala Adipura Kota Bandung

Bandung - Dalam rangka mempertahankan Piala Adipura yang diraih Kota Bandung akhir 2015 lalu, Walikota Bandung Ridwan Kamil akan menggelar lomba kebersihan tingkat kelurahan di tahun 2016. "Daerah yang paling bersih dan sehat akan mendapatkan piala 'Adipura' dari walikota," Kata Ridwan Kamil di Balaikota, Sabtu (2/1/2016).
 
Menurutnya, penilaiannya akan sama persis dengan Adipura tingkat nasional meliputi fasilitas publlik, inisiatif lingkungan dan program inovasi. Untuk menambah nilai tiap kelurahan harus memiliki rumah berkebun (green house).
 
"Setiap rumah harus ada penghijauan. Sedangkan bagi mereka yang tidak punya lahan bisa menanam pepohonan di dinding atau atap rumah dengan cara urban furming," kata pria yang akrab disapa Emil.
 
Ia mengatakan, salah satu kelurahan yang berhasil dalam penghijauan dan kebersihan serta lurahnya ranking satu ,adalah Kelurahan Neglasari Kecamatan Cibeunying Kaler. Kepada para ketua RW untuk memberikan raport hijau dan raport merah kepada warganya, dalam berinteraksi dengan lingkungan.
 
"Warga yang tak peduli kebersihan dan tak pernah kerja bakti serta selalu menyuruh pembantu dalam urusan kemasyarakatan, jelas harus diberi raport merah," tegas Emil. Sebaliknya warga yang peduli lingkungan dan aktif raportnya harus hijau. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,