India Diguncang Gempa 6,7 SR, Gedung 6 Lantai Ambruk

India Diguncang Gempa 6,7 SR, Gedung 6 Lantai Ambruk

Gempa 6,7 pada skala Richter mengguncang perbatasan India-Myanmar, Senin (4/1/2016) dinihari. (foto - ist)

Imphal - Warga di timur laut India tepatnya dekat perbatasan Myanmar dan Bangladesh, dikagetkan oleh adanya guncangan keras gempa yang berkekuatan 6,7 pada skala Richter (SR), Senin dinihari sekitar pukul 04.35. 

Berdasarkan laporan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebutkan, episentrum lindu berada di 29 km timur laut Imphal, ibukota negara bagian Manipur. Sementara, Badan Meteorologi India menyatakan, gempa terjadi pada kedalaman 17 km. 

Dilansir BBC, Senin (4/1/2016) Warga yang kaget berhamburan ke luar rumah. Kepanikan juga dilaporkan terjadi di Bangladesh dan Kolkata, yang berjarak 600 km dari pusat gempa. "Orang-orang berlarian ke luar rumah, mereka tampak panik," kata Rabin Dev, salah seorang penduduk setempat.
 
Disebutkan, guncangan keras juga meretakkan tembok-tembok rumah. Bahkan, bangunan enam lantai di Imphal yang baru saja dibangun roboh. Demikian juga dengan gedung-gedung lainnya yang dilaporkan banyak kerusakan. 

Sementara itu berdasarkan laporan Reuters, sedikitnya ada 4 orang yang tewas dan 100 lainnya mengalami luka-luka akibat gempa tersebut.

Kawasan di sekitar pusat guncangan memiliki sejarah gempa yang panjang, yang disebabkan tabrakan lempeng India dan Eurasia. Kedua lempeng benua tersebut saling mendorong, dengan rata-rata 4-5 cm per tahun. 

Pada 2005 misalnya, gempa dengan kekuatan 7,6 SR mengguncang Kashmir, wilayah perbatasan Pakistan dan India. Akibatnya luar biasa, sebanyak 75 ribu manusia kehilangan nyawa kala itu. 

Pada April 2015, Nepal mengalami bencana gempa dahsyat, yang terburuk sepanjang sejarah negeri itu. Sebanyak 9.000 orang tewas, dan sekitar 900 ribu rumah rusak parah bahkan rataa dengan tanah.(Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,