Enrique Sabet Gelar Pelatih Terbaik Dunia versi IFFHS

Enrique Sabet Gelar Pelatih Terbaik Dunia versi IFFHS

Luis Enrique terpilih sebagai pelatih terbaik dunia versi IFFHS. (foto - ist)

Barcelona - Federasi Internasional Sejarah dan Statistik Sepak Bola (IFFHS) memilih Luis Enrique sebagai pelatih terbaik dunia. Pelatih Barcelona itu mengumpulkan suara terbanyak, sekaligus mengalahkan pelatih Bayern Muenchen, Josep Guardiola.
 
Enrique mendapatkan 165 suara. Dia unggul nyaris dua kali lipat dari Guardiola yang hanya meraih 86 suara. Sedangkan pelatih Juventus, Massimiliano Allegri menduduki posisi ketiga dengan raihan 43 suara. Allegri, mantan pelatih AC Milan itu cukup moncer bersama tim Juventus musim 2014-15. 
 
Allegri mengantarkan Bianconeri menembus final Liga Champions, sekaligus mengantarkan tim merebut Scudetto 4 kali beruntun. Disusul Unai Emery (Sevilla), Carlo Ancelotti (Real Madrid) dan Diego Simeone (Atletico Madrid). 
 
Ketiganya merebut posisi 4,5 dan 6. Enrique melewati torehan eks pelatih Madrid, Carlo Ancelotti yang meraih prestasi pelatih terbaik dunia pada 2014. Pelatih dari Barcelona tiga kali raih predikat itu, yakni pada 2006, 2009 dan 2015.
 
Keberhasilan Enrique tidak bisa dipisahkan dari prestasinya musim lalu. Mantan pemain AS Roma itu mempersembahkan tiga gelar alias treble winner di musim pertama menangani Blaugrana. Ia menyamai torehan Josep Guardiola, pelatih tersukses sepanjang masa Barcelona. (Jr.)**
.

Categories:Sepak bola,
Tags:,