Waspadai, El Nino Pergi Datanglah La Nina di 2016

Waspadai, El Nino Pergi Datanglah La Nina di 2016

Foto - ilustrasi

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan badai El Nino 2015 tidak akan ada pada 2016. Namun, Kementan mulai mengalihkan perhatian pada La Nina2016, atau tingginya curah hujan yang mengakibatkan banjir di sejumlah daerah di Indonesia.
 
Menurut Sekretaris Jenderal KementanHarry Priyono, Kementan tengah melakukan koordinasi dengan BMKG, terutama untuk melakukan mapping daerah yang berpotensi kebanjiran.
 
"Perlu dipikirkan bagaimana merehabilitasi daerah yang terkena banjir bisa ditanam kembali. Dengan melakukan mapping, kita juga sudah bisa antisipasi, bagaimana cara pencegahannya agar La-Nina bisa diminimalisir," kata Harry.
 
Menurut Harry, Kementan juga tengah melakukan koordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), untuk membantu pengerukan sungai-sungai dangkal yang melewati areal persawahan.
 
Dengan adanya pendalaman sungai, lanjutnya maka daya tampung air di sungai itu akan menjadi lebih banyak. "Dengan pengerukan dipastikan daya tampung air menjadi lebih besar. Kami juga sudah minta Kementerian PUPR untuk membantu hal tersebut," tegasnya.  (Jr.)**
.

Categories:Infotech,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait