KAI Terapkan Biaya Bagasi bagi Pengguna Kereta Api

KAI Terapkan Biaya Bagasi bagi Pengguna Kereta Api

PT KAI terapkan biaya bagasi bagi pengguna kereta api per 1 Januari 2016. (foto - ilustrasi)

Jakarta - Aturan pengenaan biaya tambahan untuk jumlah bagasi yang beratnya melebihi ketentuan, mulai diterapkan oleh PT Ke‎reta Api Indonesia (KAI - Persero) per 1 Januari 2016. Selama ini kebijakan itu sudah ada dengan bagasi atau barang bawaan‎ penumpang kereta, tidak melebihi 20 kg.
 
"Kita mulai terapkan biaya bagasi untuk penumpang eksekutif, bisnis dan ekonomi. Penumpang ini perlahan kita atur, karena mereka ada yang sampai tidak kebagian tempat untuk menyimpan bagasi,"   kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro di Jakarta, Rabu (6/1/2016).
 
Penerapan aturan itu semata-mata untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan para penumpang kereta. Hal itu perlu dilakukan karena setiap tahunnya jumlah penumpang meningkat dan kepercayaan masyarakat terhadap perseroan.
 
Soal tarif yang dikenakan, untuk kelas eksekutif kelebihan bagasi akan dikenakan biaya Rp 10 ribu/kg, kelas bisnis Rp 5 ribu, dan kelas ekonomi Rp 2 ribu/kg. "Mekanismenya ya diperiksa saat mau masuk, kita cek saat boarding," katanya.
 
Oleh karena itu, Edi mengimbau kepada para penumpang untuk memperhatikan hal tersebut, dan menaati apa yang sudah menjadi ketentuan. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:,