Kantor Samsat Sumber Cirebon Dilanda Kebakaran

Kantor Samsat Sumber Cirebon Dilanda Kebakaran

Kantor Bersama Samsat Sumber Kabupaten Cirebon terbakar, Minggu (10/1/2016) malam. (foto - ist)

Cirebon - Kebakaran melanda Kantor Bersama Samsat Sumber yang terletak di Jalan Sunan Drajat, Sumber, Kabupaten Cirebon, Minggu (10/1/2016) sekitar pukul 18.00 WIB. Api dilaporkan mulai tampak di ruang arsip yang ada di lantai dua kantor itu. Akibatnya, pelayanan praktis dihentikan mulai Senin 11 Januari 2016, hingga waktu yang belum ditentukan.
 
Dilaporkan, api dengan cepat menyebar dan melalap bagian dalam lantai dua hingga merobohkan atap, hingga bangunan inti pun hangus terbakar. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun, kerugian material diprediksi mencapai miliaran rupiah.
 
Kobaran api baru dapat dikuasai dua jam kemudian atau pukul 20.00 WIB, lewat pengerahan setidaknya sepuluh unit mobil pemadam kebakaran (Damkar). Sejauh ini proses pendinginan masih dilakukan. 
 
Kapolres Cirebon AKBP Sugeng Heriyanto menyatakan, penyebab kebakaran belum dapat diketahui pasti. "Namun kami sudah hubungi Puslabfor Mabes Polri untuk olah tempat kejadian perkara," katanya.
 
Tak hanya penyebab kebakaran, motif kebakaran yang diduga sabotase pun belum terkonfirmasi. Hanya Sugeng tak menampik, kebakaran menyebabkan arsip pajak kendaraan ludes. Secara keseluruhan kondisi kantor tak memungkinkan untuk beroperasi. "Jelas kantor tak bisa melayani masyarakat. Kami tutup sementara sampai waktu yang belum ditentukan," tegasnya.
 
Kantor Samsat Sumber setidaknya melayani warga di 17 kecamatan, terutama di Kabupaten Cirebon bagian tengah dan barat. Meski pelayanan dihentikan, ia meminta warga tidak khawatirkan situasi itu. Berbagai langkah pembenahan selanjutnya akan dilakukan segera setelah api dipadamkan.
 
Ia mengakui, atas kejadian itu telah ada lima orang yang akan diperiksa. Kelimanya diduga sebagai saksi yang mengetahui awal kebakaran. Selain petugas Polres yang tengah piket berjaga, kantor itu juga turut dijaga warga sipil.
 
Sementara itu, Kasat Lantas Polres Cirebon Kota, AKP Kurnia menjamin keamanan arsip milik warga di enam kecamatan di Kabupaten Cirebon, pelayanannya akan dilakukan di Kantor Samsat Kota Cirebon. Diakui, masih ada berkas warga enam kecamatan di Kantor Samsat Sumber. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,