Zat Sianida di Kopi Mirna Bisa Membunuh 25 Orang

Zat Sianida di Kopi Mirna Bisa Membunuh 25 Orang

Secangkir kopi yang diminum Mirna bisa mengakibatkan kematian 20 sampai 25 orang. (foto - 108jakarta.com)

Jakarta - Dalam cangkir kopi Mirna ditemukan sianida bentuk NaCN dengan kadar 15 g/l, atau sama dengan 1.500 miligram. Hal itu berdasarkan hasil Laboratorium Forensik (Labfor) yang menyatakan, ada zat berbahaya sianida dalam kopi yang diminum Wayan Mirna L Salihin (27).
 
"Jika secangkir kopi berisi sekitar 250 cc, maka dalam cangkir Mirna terdapat 250 X 15mg NacN, atau sebanyak 3.750 miligram," kata Kabid Dokpol Pusdokkes Mabes Polri, Kombes Pol Anton Castilani di Jakarta, Selasa (19/1/2016).
 
Menurut Anton, sianida merupakan senyawa kimia beracun berbentuk gas, kristal, serbuk atau cair yang bisa mengakibatkan kematian dengan menghambat pengambilan oksigen."Biasanya, dalam sehari-hari digunakan untuk fumigasi atau industri logam. Dalam kasus Mirna dalam secangkir kopi yang ia minum, bisa mengakibatkan kematian sebanyak 20 sampai 25 orang," tegasnya.
 
Sebelumnya, Kepala Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri Brigadir Jenderal Polisi Alex Mandalika mengatakan, isi lambung Mirna yang tewas setelah minum es kopi vietnam, terdapat kandungan sianida.
 
Petugas Puslabfor Polri menduga, kematian Mirna akibat sianida dicampur es kopi yang diminum korban. Selain itu, petugas juga menemukan zat sianida pada air kopi yang dikonsumsi Mirna dengan kandungan mencapai 15 gram.
 
Wayan Mirna Salimin alias Mirna meninggal dunia setelah meminum kopi es Vietnamens di Cafe Olivier Grand Indonesia Tanah Abang Jakarta Pusat. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,