Waspadai Gafatar Tersebar di 14 Daerah di Jawa Barat

Waspadai Gafatar Tersebar    di 14 Daerah di Jawa Barat

Awas, Gafatar tersebar di 14 daerah di Jawa Barat. (foto - ist)

Bandung - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat menegaskan, berdasarkan pantauan MUI dan Polda Jawa Barat, kantor sekretariat Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) tersebar di 14 kabupaten/kota.

"Dari data sementara yang ditemukan, di Jabar ada 14 kabupaten/kota Gafatar yang mempunyai kantor sekretariat," kata Sekretaris MUI Jawa Barat Rafani Achyar, di kantornya di Jalan LL RE Martadinata, Bandung, Selasa (19/1/2016).

Rafani menjelaskan, Kabupaten Subang menjadi basis terbesar pengikut Gafatar, karena daerah ini disinyalir menjadi pelopor hadirnya Gafatar di Jabar pda 2011. MUI pun terus melakukan penyelidikan bersama pihak berwajib, untuk mengantisipasi di daerah lain yang tidak menutup kemungkinan adanya gerakan Gafatar. 
 
Bahkan, MUI Jabar akan mengeluarkan surat edaran terhadap MUI di setiap daerah di Jabar mengenai larangan keras hadirnya Gafatar. "Basis di Subang, kemunculan pertama tahun 2012. Lalu menyebar hingga di Bandung pernah ada deklarasi besar-besaran di Sabuga," katanya.

MUI Jabar, katanya mendapatkan laporan dari Polda Jabar terkait pengakuan mantan anggota Gafatar di Indramayu Dalam laporannya, mantan anggota Gafatar memberikan pengakuan mengejutkan. Salah satunya aturan salat yang wajib ialah salat yang malam, seperti aalat Tahajud, Witir. 
 
Adapun salat lima waktu dianggap Gafatar seperti melakukan olahraga. "Jika tidak ada yang seakidah dianggap musrik, termasuk orangtua maupun keluarga lainnya. Tentu itu sudah menyimpang dari ajaran agama Islam," tegas Rafani.

Namun, saat ini posisi MUI cukup sulit untuk mengantisipasi Gafatar. Pasalnya, perkumpulan itu tidak masuk ke dalam organisasi kemasyarakatan keagamaan, sehingga MUI masih mengkaji lebih dalam lagi terkait kewenangan untuk menanganinya. (Jr.)**

Gafatar di Jabar tersebar di 14 kabupaten/kota, yakni:
1. Kabupaten Garut
2. Kota Sukabumi
3. Kabupaten Karawang
4. Kota Tasikmalaya
5. Kabupaten Kuningan
6. Kabupaten Purwakarta
7. Kota cimahi
8. Kabupaten Bandung barat
9. Kota cirebon dan Kabupaten cirebon
10. Kabupaten Majalengka
11.Kabupaten Sumedang
12. Kota Banjar
13. Kabupaten Subang
14. Kabupaten Cianjur
.

Categories:Bandung,
Tags:,