Jessica Jadi Saksi 'Kunci' Kasus Meninggalnya Mirna

Jessica Jadi Saksi 'Kunci' Kasus Meninggalnya Mirna

Jessica jadi saksi 'Kunci' atas kasus meninggalnya Wayan Mirna L Salihin (27). (foto - ist)

Jakarta - Jessica Kumala, salah seorang teman Wayan Mirna L Salihin (27) dipandang pihak mkepolisian sebagai saksi "kunci", karena mengetahui betul kejadian yang berlangsung yang menyebabkan Mirna kejang-kejang seusai minum kopi hingga meninggal dunia.

"Iya ia sebagai saksi spesial," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen, Anton Charliyan di Mabes Polri Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (19/1/2016).

Menurut Anton, polisi sudah menemukan keterkaitan antara keterangan ahli dengan sianida yang ditemukan dalam secangkir kopi. Polisi juga sudah menemukan barang bukti sianida di lambung Mirna. Bahkan, polisi pun sudah menemukan siapa penghidang kopi itu.  "Masalahnya, yang menghidangkan itu kira-kira ada keterkaitannya, tahu apa nggak tahu dan setiap pembunuhan dilatarbelakangi dengan motif," tegas Anton.

Disebutkan, polisi tengah mendalami itu semua, namun masih belum menemukan motif diberikannya kopi pada Mirna. Jessica memang dicurigai, tapi belum bisa dijadikan tersangka. "Karena belum diketahui apa sebenarnya motifnya. Buktinya belum ada, mengaitkan hal itu harus jelas," katanya.
 
Sementara itu, pihak keluarga Jessica Kumala merasa khawatir polisi salah menetapkan tersangka. Hingga hari ini, keluarga yakin Jessica bukan pembunuh Mirna. Kecemasan keluarga Jessica berdasar, karena posisi Jessica bisa dibilang begitu terjepit. 
 
Menurut Kuasa hukum Jessica, Yudi Wibowo Sukinto, kliennya tidak pernah membayangkan kasus ini ada. Yudi yang juga sepupu Jessica mengatakan, kliennya tidak mengatur posisi tempat duduk Mirna. Jessica memesan es kopi Vietnam atas permintaan Mirna. "Saya sangat yakin tidak ada bukti yang mengarah kepada Jessica. Kecemasan keluarga adalah kesalahan penetapan tersangka," tegas.
 
Sejauh ini, kata Yudi, keluarga Jessica kooperatif dalam mendukung penyelidikan kasus kematian tidak wajar Mirna. Keluarga Jessica pun  mengizinkan pemeriksaan rumah Jessica. "Apa yang diminta penyidik akan kami sampaikan," kata Yudi. Ia berharap, polisi bekerja maksimal mengungkap fakta kasus ini. Sejauh ini, ia ragu racun sianida penyebab kematian Mirna.  

Menurutnya, hasil pemeriksaan laboratorium forensik Polri sianida di kopi Mirna bersandi NaCn yang biasa digunakan untuk melebur emas. "Keluarga kami tidak ada yang bekerja di tambang emas," katanya. Untuk memastikan penyebab kematian Mirna, Yudi meminta polisi menguji ulang kopi yang diminum Mirna. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,