Shakhtar Donetsk Melaju ke 16 Besar

Shakhtar Donetsk Melaju ke 16 Besar

Shakhtar Donetsk Melaju ke 16 Besar

Lviv - Pemain Shakhtar Donetsk asal Brasil, Luiz Adriano memperbesar catatan golnya ke gawang BATE Borisov menjadi delapan gol dalam dua pertandingan, ketika tim Ukraina itu melaju ke 16 besar Liga Champions dengan menghancurkan lawannya di Grup H dengan skor 5-0 di Lviv Arena, Kamis (06/11/2014) dinihari WIB.

 

Hasil ini lebih besar dari yang diperkirakan setelah sang juara Ukraina menghancurkan BATE dengan skor 7-0 di Minsk, saat penyerang  Luiz Adriano mencetak trigol setelah membukukan lima gol pada pertemuan sebelumnya.

 

Shakhtar tetap menghuni peringkat kedua di Grup H dengan delapan angka dari empat pertandingan, tertinggal dua angka dari pemuncak klasemen grup FC Porto yang lolos ke fase gugur pada Kamis. BATE berada di peringkat ketiga dengan tiga angka, unggul dua angka atas tim juru kunci Athletic Bilbao yang hanya mampu mendulang satu angka.

 

Tembakan kapten Dario Srna membawa tuan rumah unggul pada menit ke-19, di mana ia mendapatkan bola di tepi kotak penalti dan melepaskan sepakan yang menembus gawang BATE setelah sempat mengenai Mikhail Gordeychuk.

 

Gelandang Brazil Alex Teixeira beberapa kali berpeluang memperbesar keunggulan Shakhtar, dan peluang terbaiknya didapat pada akhir babak pertama ketika ia memaksa kiper BATE Sergei Chernik untuk menahan tembakan kerasnya di garis gawang.

 

Luiz Adriano menindak lanjuti dengan memberi tekanan kepada kiper yang memprovokasi keributan kecil, di mana Anri Khagush mendapat dua kartu kuning dalam rentang waktu yang cepat, sehingga BATE harus memainkan babak kedua dengan sepuluh pemain.

 

Alex Teixera mendapatkan penghargaan atas kegigihannya dua menit setelah turun minum, ketika ia berlari menyambut operan Srna dan melepaskan sepakan mendatar ke sudut jauh untuk menggandakan kedudukan, di mana para bek BATE bersikukuh peristiwa itu didahului offside.

 

Luiz Adriano, yang terlibat dalam semua gol, membuat timnya mendapat hadiah penalti pada menit ke-58 yang ia konversi sendiri, sebelum menambahi gol keempat melalui penyelesaian dari jarak dekat ketika ia meneruskan umpan silang mendatar dari sayap kiri.

 

Pemain Brazil ini menorehkan trigolnya menjelang pertandingan usai, ketika ia melepaskan tembakan mendatar ke sudut gawang.(AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,