Februari Bandung Terapkan Kantong Plastik Berbayar

Februari Bandung Terapkan Kantong Plastik Berbayar

Kota Bandung akan menerapkan Kantong Plastik Berbayar pada Februari mendatang. (foto - ilustrasi)

Bandung - Pemerintah Kota Bandung akan membatasi penggunaan kantong plastik, lewat menjalankan aturan kantong plastik berbayar. Langkah itu untuk menekan volume sampah plastik sesuai imbauan pemerintah pusat.  

Menurut Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bandung, Teti Mulyawati, sebetulnya Pemkot Bandung mempunyai Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2012, tentang pelarangan pemakaian kantong plastik. Namun, pelaksanaannya masih belum optimal.
 
"Tahun ini harus diterapkan, yakni pada tanggal 21 Februari 2016 akan dimulai. Namun, itu masih sosialisasi setelah ketuk palu anggaran," katanya di Bandung, Jumat (22/1/2016).

Penerapan aturan itu nantinya akan dilakukan di seluruh gerai minimarket di Kota Bandung. Konsumen  diwajibkan membayar sebesar Rp 500, apabila ingin menggunakan kantong plastik. Secara keseluruhan peritel di Kota Bandung mencapai lebih 800-an toko. "Rp 200 itu akan didonasikan untuk kepentingan lingkungan," tegas Teti. 

Menurutnya, penerapan itu harus berjalan dengan baik guna mengurangi jumlah produksi sampah plastik di Kota Bandung karena paling sulit untuk terurai. Jumlah sampah plastik yang diproduksi warga Bandung mencapai 200 ton per hari. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,