Level 4, Erupsi Gunung Sinabung Semburkan Lava Pijar

Level 4, Erupsi Gunung Sinabung Semburkan Lava Pijar

Berstatus level 4 (Awas) Erupsi Gunung Sinabung Semburkan Lava Pijar. (foto - ist)

Karo - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali erupsi. Kali ini salah satu gunung tertinggi di Sumut itu kembali dan menyemburkan lava pijar, meski status Gunung Sinabung saat ini berada di level 4 alias Awas.

Menurut Petugas Pos Pengamat Gunung Api (PPGA) Sinabung, Deri, pihaknya telah mencatat terjadi erupsi Gunung Sinabung, Sabtu (23/1/2016) puk‎ul 09.38 WIB pagi. Sementara semburan lava pijar terjadi sekitar pukul 14.23 WIB.

"Lava pijar terjadi dengan jarak luncur 500 meter mengarah tenggara dan timur‎.  Sedangkan erupsi dengan tinggi kolom mencapai 1.500 meter," katanya.
 
Melihat tingginya aktivitas vulkanik dan pertumbuhan kuba lava yang masih terus terjadi, PPGA mengimbau kepada masyarakat dan wisatawan tidak beraktivitas di kawasan gunung. 
 
"Pertumbuhan kuba lava masih terus terjadi, tidak menutup kemungkinan‎ potensi erupsi dan lava pijar akan kembali terjadi," tegas Deri. Sejauh ini, sekitar 9.319 jiwa masih mengungsi yang ditempatkan di sejumlah posko, yang telah disediakan. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,