Kalah Saing dengan Jepang Ford Hengkang dari Indonesia

Kalah Saing dengan Jepang Ford Hengkang dari Indonesia

Ford hengkang dari Indonesia karena kalah bersaing dengan produk Jepang. (foto - ilustrasi)

Jakarta - Mulai Semester II 2016, kegiatan bisnis Ford Motor di Indonesia dihentikan dengan menutup semua jaringan penjualan. Dengan begitu, perusahaan mobil ini tidak akan lagi menjual dan mengimpor mobil-mobilnya di Indonesia.  
 
Namun, sebagai bentuk komitmen terhadap konsumennya, layanan purnajual seperti servis dan suku cadang tetap diberikan waktu sampai beberapa tahun mendatang. Keputusan Ford itu seperti mengikuti jejak produsen mobil senegaranya, General Motors yang memasarkan merek Chevrolet di Indonesia. 
 
General Motors Indonesia tahun lalu mengumumkan untuk menghentikan produksi mobil MPV Spin di pabrik Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat. Namun Chevrolet masih lebih baik ketimbang Ford, karena masih melakukan aktivitas impor, penjualan, dan purnajual.  
 
Dilansir Reuters, Selasa (26/1/2016) alasan lainnya produsen mobil raksasa Amerika yang masuk dalam "Detroit Three" itu pun hampir serupa. Yakni tidak bisa bersaing dengan produsen Jepang yang lebih dulu eksis, dan sudah menancapkan  bisnisnya di Indonesia secara mantap.  
 
Ford merupakan salah satu pemain pasar otomotif di Indonesia yang tidak memproduksi produk secara lokal. Berbeda dengan produsen Jepang yang sudah memiliki fasilitas manufaktur. Sehingga para produsen mobil Jepang bisa memasarkan produk mereka dengan harga yang kompetitif. 
 
 "Untuk di Indonesia ini tanpa produksi lokal,sehingga dengan kondisi tersebut tidak memungkinkan kami untuk bersaing di pasar. Selain itu kami tidak punya fasilitas produksi lokal," kata seorang seorang dari pihak Ford Motor. (Jr.)**
.

Categories:Otomotif,
Tags:,