Ford Rumahkan Seluruh Karyawannya di Indonesia

Ford Rumahkan Seluruh Karyawannya di Indonesia

Main dealer Ford untuk wilayah Bandung dan Jawa Barat. (foto - ilustrasi)

Jakarta - Seluruh karyawan PT Ford Motor Indonesia (FMI) bersiap untuk menerima kenyataan pahit, menyusul hengkangnya PT Ford Motor Indonesia akibat persaingan penjualan mobil di dalam negeri. Namun demikian, pihak FMI menyatakan akan merumahkan seluruh karyawan sampai akhir periode transisi.

Menurut penjelasan Communication Director PT FMI, Lea Kartika Indra saat ini pihaknya hanya menutup operasional penjualan. Sedangkan pelayanan servis suku cadang dan garansi terus berlanjut. "Di semua bagian akan diberhentikan tidak hanya di penjualan, tetapi semuanya sampai dengan akhir periode transisi. Jadi sebelum akhir tahun 2016 akan diberhentikan semuanya," kata Lea.
 
Diakui, lemahnya persaingan FMI di pasar Indonesia membuat sebanyak 35 ribu karyawan termasuk managing director akan kehilangan pekerjaan. Seluruh karyawannya itu berasal dari Indonesia. "Memang kami memiliki 44 dealer yang ada di Indonesia. Namun dealer itu merupakan kerja sama dari partner kami. Mereka hanya melakukan pembelian mobil di kami, tidak ada karyawan kami di sana," aku Lea.

Sebagai diinformasikan, hengkangnya PT FMI dari pasar Indonesia karena pertumbuhan penjualan yang tidak lagi berkesinambungan, sehingga penjualan Ford tidak dapat bersaing secara efektif. Menilik penjualannya, memang FMI selalu tekor setiap tahunnya.

Data penjualan dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) 2015, FMI hanya berhasil menjual 4.986 unit kendaraan (wholesale), dan 6.103 unit kendaraan (retail). Ini merosot tajam hingga 41,5 persen dibandingkan dengan angka penjualan wholesale di 2014, yang mencapai 12.008 unit.

Dengan angka penjualan yang menurun tajam, membuat berbagai produk milik Ford tidak banyak unjuk gigi di 2015. Secara keseluruhan, penjualan merek yang berdiri sejak 1903 itu bertumpu pada Ecosport 1.5 TiVCT Titanium AT yang berhasil terjual 2.046 unit, disusul New Fiesta 1.5L 5D Sport AT sebanyak 366 unit, dan Ecosport 1.5 TiVCT Trend AT sebanyak 276 unit.

Seperti pada 2014, tulang punggung FMI pun masih bertumpu pada ketiganya. Ecosport 1.5 TiVCT Titanium AT berhasil terjual 3.622 unit, disusul New Fiesta 1.5L 5D Sport AT sebanyak 1.678 unit, dan Ecosport 1.5 TiVCT Trend AT sebanyak 595 unit.

Secara keseluruhan, tahun 2015 industri otomotif nasional berhasil melepas sebanyak 1.013.291 unit kendaraan. Jika FMI berhasil menjual 4.986 unit, pangsa pasar Ford di Indonesia tak lebih dari 0,5 persen. (Jr.)**
.

Categories:Otomotif,
Tags:,