Bukti Penyidik Mencukupi Antar Jessica Jadi Tersangka

Bukti Penyidik Mencukupi Antar Jessica Jadi Tersangka

Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian. (foto - ist)

Jakarta - Jessica Kumala Wongso telah ditetapkan penyidik Polda Metro Jaya sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan Mirna, Jumat malam pukul 23.00 WIB. Perempuan 27 tahun itu pun telah ditangkap, Sabtu pagi di Hotel Neo, Mangga Dua, Jakarta Utara.

Menurut Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian, penangkapan Jessica berdasarkan bukti permulaan dan alat-alat bukti lainnya yang telah dikumpulkan penyidik. Namun, Tito masih merahasiakan bukti permulaan yang digunakan penyidik untuk menangkap Jessica. 

"Bukti permulaan kan cuma satu, berdasarkan KUHAP alat bukti tersangka tidak akan dibuka. 24 Jam kita memiliki waktu untuk pendalaman, lalu ingin melihat apakah ada alat bukti lainnya dari satu alat bukti," kata Tito di Jakarta, Sabtu (30/1/2016).
 
Tito menjelskan, dalam KUHAP bukti permulaan itu adalah adanya laporan polisi plus minimal satu alat bukti dari Pasal 184 KUHAP. Mulai dari transaksi, dua saksi minimal, ada keterangan ahli, ada surat petunjuk atau keterangan tersangka.  "Artinya penyidik merasa yakin minimal satu alat buktinya ini ada, tapi saya tidak mau sebutkan karena kita memiliki strategi penyidikan," katanya.

Tito beralasan, dirinya tidak menyebutkan alat bukti permulaan tersebut karena saat ini sedang terjadi pertempuran intelektual antara penyidik dan pihak yang diduga.

"Kalau polisi buka ini, nanti pakai strategi ini untuk nutupin. Saya nggak ngomongin ini, saya counter itu namanya strategi pembelaan. Oleh karena itu, sekarang istilahnya pertempuran intelektual antara penyidik dengan pihak yang diduga," tegas Tito. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,