Terkuak, Soal Jet Presiden Polandia Meledak di Udara

Terkuak, Soal Jet Presiden Polandia Meledak di Udara

Terkuak, soal jet Presiden Polandia yang jatuh karena meledak di udara. (foto - dailymail.co.uk.)

Warzawa Terkuak soal kecelakaan pesawat presiden yang sudah terjadi tahun 2010, melalui pernyataan resmi pemerintah Polandia. Menurut pemerintah, jet tersebut meledak di udara.

Selama ini, insiden kecelakaan yang saat itu menewaskan Presiden Polandia dan sebagian besar pejabat tinggi pemerintahan, dinyatakan terjadi karena kesalahan pilot. Namun hari ini pemerintah Polandia secara resmi mengklarifikasinya.

Dilaporkan Reuters, klarifikasi itu disampaikan langsung oleh pejabat investigasi Antoni Macierewicz, dalam sebuah upacara yang diadakan, Kamis (4/2/2016). Tim investigasi menyampaikan hasil penyelidikan terbaru, yang tampaknya bertentangan dengan temuan sebelumnya, yang menyatakan kecelakaan itu akibat kesalahan pilot.

"Komite Investigasi pemerintah telah menemukan rekaman penuh atas kejadian itu, sehubungan dengan aktifitas instrumen pesawat tersebut. Mulai dari awal hingga pesawat itu pecah di udara, di atas ketinggian 15-18 meter di atas tanah," kata Macierewitz.

Pesawat Polandia Tupolev Tu-154M yang membawa Presiden Polandia Lech Kaczynski, anggota pemerintahan dan dewan legislatif Polandia, juga komandan Angkatan Bersenjata Polandia, jatuh di dekat Bandar Udara Smolensk-North pada 10 April 2010.

Insiden tersebut menewaskan semua penumpang di pesawat. Presiden dan pejabat yang menumpang pesawat berniat untuk menghadiri peringatan 70 tahun peristiwa pembantaian Katyn. Beberapa jam setelah kecelakaan, beredar informasi pesawat menabrak pohon.

Kemudian dilanjutkan dengan informasi, kecelakaan itu terjadi karena kesalahan pilot. Namun, hari ini semua informasi itu dibantah oleh pemerintah Polandia. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,