Gunung Berapi Aktif Sakurajima di Jepang Meletus

Gunung Berapi Aktif Sakurajima di Jepang Meletus

Letusan Gunung Berapi Sakurajima di Jepang. (foto - ist)

Tarumizu - Gunung berapi aktif Sakurajima di Kota Tarumizu, Jepang yang berlokasi di dekat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Sendai, meletus pada hari ini dan memuntahkan lahar panas yang disertai awan hitam.

Badan Meteorologi Jepang menyatakan, Gunung Sakurajima merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Jepang, meletus pada pukul 19.00 waktu setempat. Dari sisi gunung tampak cairan berwarna jingga keluar dan menyembur. 

Seperti dilansir The Washington PostJumat (5/2/2016) sempat terlihat cahaya seperti petir, saat gunung itu memuntahkan laharnya. Badan Meteorologi Jepang juga telah memberikan larangan untuk memasuki wilayah, yang berjarak radius dua kilometer dari gunung berapi tersebut. Sejauh ini, belum ada laporan korban akibat meletusnya gunung tersebut.

Gunung Sakurajima hanya berlokasi sekitar 50 kilometer dari PLTN Sendai, yang tidak lama diaktifkan setelah operasionalnya sempat dihentikan, karena adanya peraturan keselamatan baru yang dibuat akibat bencana yang terjadi di Fukushima pada tahun 2011.

Disebutkan, sebenarnya getarannya sudah mulai terasa di wilayah Kota Tarumizu sejak Desember 2015. Hal itu yang menjadi pertanda bahwa aktivitas dari gunung berapi tersebut mulai meningkat.

Letak Kepulauan Jepang memang dikenal berada di lingkaran "Ring of Fire" dan memiliki lebih dari 100 gunung berapi. Tahun 2014 lalu, Gunung Ontake pun meletus yang menewaskan sedikitnya 57 warga. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,