Sumur Bor RDG-47 Pertamina di Majalengka Terbakar

Sumur Bor RDG-47 Pertamina di Majalengka Terbakar

Sumur RDG-47 milik Pertamina EP di Kecamatan Sumberjaya Majalengka terbakar. (foto - ist)

Majalengka - Sumur bor RDG-47 milik PT Pertamina EP di Kecamatan Sumberjaya, Majalengka Jawa Barat terbakar, Senin dinihari sekitar pukul 04.00 namun padam pada 06.30 WIB . Seorang tewas serta enam lainnya mengalami luka-luka, dalam kebakaran yang berhasil dipadamkan pada pukul 06.30 WIB itu.

Menurut Public Relation Manager Pertamina EP Muhammad Baron, kebakaran terjadi pada saat dilakukan reparasi sumur dengan Rig Pumpindo PEP 08. Saat operasi sekitar pukul 01.00 WIB tiba-tiba muncul api dari arah tangki. Api menyebar ke arah rig di area sumur, yang mengakibatkan rig terbakar di antara cellar-meja bor-tangki.

"Ya, benar dinihari tadi terjadi kebakaran di area sumur RDG-47 Field Jatibarang. Tim Penanggulangan Keadaan Darurat kami melakukan pemadaman. Sekitar pukul 06.45 WIB api berhasil dipadamkan," kata Baron, Senin (8/2/2016).

Baron menyatakan, atas kejadian itu aktivitas reparasi sumur dihentikan untuk sementara. Agar kebakaran tidak menyebar, petugas Pertamina mematikan semua aliran listrik. "Dari kejadian kebakaran ini terdapat korban luka bakar dan sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Sumber Waras Cirebon," kata Baron.

Pihak Pertamina EP menyesalkan kejadian itu, yang kemudian berkoordinasi dengan mitra pelaksana untuk memberikan pengobatan semaksimal mungkin kepada korban.

Baron menjelaskan, Pertamina EP dalam melaksanakan operasi patuh dan taat terhadap peraturan dan ketentuan yang berlaku, dalam menerapkan standar safety terbaik. Sebelum terbakar, rig tersebut sudah melalui proses inspeksi untuk meminimalisir kecelakaan kerja.

Dipastikan, Pertamina EP akan menginvestigasi kejadian tersebut. "Kami tengah menyelidiki penyebab kejadian ini dengan pihak terkait, sehingga ke depan diharapkan tidak terjadi lagi," tegas Baron. Sementara itu, Kapolsek Sumberjaya AKP Dedi Budiana pun melansir nama-nama korban yang tewas maupun luka dalam kejadian itu.

Berikut nama-nama korban, yakni Iwanuddin (30) karyawan PT Pumpindo warga Desa Tuguh Tengah, Kecamatan Karangampel, Indramayu meninggal dunia.

Korban yang mengalami luka:
1. Joko Sarsono, warga Desa Segara Makmur Kecamatan Tarumajaya, Bekasi. Mengalami luka bakar di muka dan tangan 35 persen.
2. Fathurrohman, warga Desa Dukuh Jeruk Kecamatan Karangampel, Indramayu. Mengalami luka bakar di seluruh tubuh 40 persen lebih.
3. Juni, warga Kediri, mengalami luka bakar diseluruh tubuh 40 persen lebih.
4. Mustofa, warga Karangampel Indramayu, mengalami luka bakar seluruh tubuh 40 persen lebih.
5. Gunawan, warga Jaya Laksana Kecamatan Kedokan Bunder, Indramayu. Mengalami luka bakar ditubuh 40 persen lebih.
6. Supatma, warga Desa Pringgocala Karangampel Indramayu, mengalami luka bakar di tubuh 40 persen lebih. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,