Terkuak Modus Ledakan di Pesawat Daallo Airlines Somalia

Terkuak Modus Ledakan di Pesawat Daallo Airlines Somalia

Terkuak modus ledakan di pesawat Daallo Airlines Somalia. (foto - ist)

Mogadishu - Pelaku bom bunuh diri di pesawat Somalia pada 2 Februari 2016 lalu, berhasil membawa bom ke dalam pesawat dengan cara ‘menanamkannya’ ke dalam sebuah laptop. 

Hal itu merupakan kesimpulan Badan Intelijen dan Keamanan Nasional negara itu, NISA, setelah melihat rekaman surveilans, yang menunjukkan pelaku melakukan serah terima sebuah laptop dengan dua orang di bandara. Salah satunya mengenakan jaket keamanan. "Terkait dengan peristiwa itu, sekitar 15 orang telah ditangkap,” kata seorang pejabat keamanan. 

Dilansir Emirates 24/7, Senin (8/2/2016)  pihak otoritas setempat meyakini serangan itu dikoordinasikan oleh sebuah jaringan. “Hasil penyelidikan awal menunjukkan, bom itu ditanam di laptop dan dilakukan oleh salah seorang penumpang,” katanya.

Peristiwa mengerikan yang menimpa pesawat Daallo Airlines itu terjadi pada ketinggian 3.600 kaki. Hanya beberapa menit setelah tinggal landas dari bandar udara internasional Mogadishu menuju Djibouti. Pilot pesawat, Kapten Vladimir Vodopivec kemudian berinisiatif langsung putar haluan, dan kembali ke landasan pacu bandara dengan selamat.

Sementara itu, dari 74 orang penumpang pesawat Airbus 321 itu, satu orang dinyatakan tewas, ia diidentifikasi sebagai Abdulahi Abdisalam. Pria itu terpental keluar, diduga karena tersedot akibat lubang yang terbuat ketika ledakan terjadi. Pria yang terpental tersebut adalah pelaku bom bunuh diri. Sementara dua orang korban mengalami luka-luka. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,