Arus Balik Imlek, Nyaris 100 Ribu Mobil Padati Tol Cikampek

Arus Balik Imlek, Nyaris 100 Ribu Mobil Padati Tol Cikampek

Arus balik Imlek, nyaris 100 ribu kendaraan padati Tol Cikampek. (foto - ist)

Jakarta - Puluhan ribu kendaraan melintasi ruas Tol Cikampek menuju Jakarta, sehubujngan dengan arus balik Imlek pasca libur panjang Imlek, Senin hingga Selasa (9/2/2016) pagi.
 
Berdasarkan laporan pengelola jalan Tol Jakarta-Cikampek, sejak malam hingga dinihari tadi sedikitnya sebanyak 96 ribu kendaraan, melintas menuju kawasan Jakarta. "Di hari biasanya secara normal jumlahnya sekitar 82 ribu kendaraan," kata Traffic Control Manager Tol Jakarta Cikampek, Aprimon.
 
Menurutnya, untuk itu dilakukan sejumlah upaya guna memperlancar arus lalu lintas saat volume kendaraan mengalami peningkatan. "Ada beberapa perlakuan khusus, yaitu melakukan contra flow sepanjang 15 km. Mulai dari KM 65 hingga KM 50 jika lalu lintas sangat padat," katanya. 

Diberlakuan pula pengaturan lalu lintas di KM 66, tempat pertemuan antara arah dari Bandung dan Cipali. Kemudian dilakukan pemasangan railing dan rubber cone di lokasi rest are, Sntara lain di KM 62, 52, 42 dan 34 untuk pemberlakuan buka tutup.

Ia mengatakan, belajar dari libur tahun baru lalu pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas di gerbang tol Cikarang Utama.  "Jadi saat gerbang padat, kendaraan akan dikeluarkan di gerbang Cikarang 4. Tarifnya sama dan ada petugas yang akan menunjukkan pengguna kendaraan jika masuk lagi untuk menuju arah Jakarta melalui pintu gerbang Tol Cikarang Barat 2," tegasnya. 

Diharapkan, para pengendara untuk tetap tertib berlalu lintas dan mengisi bahan bakar sebelum masuk jalan tol. Selain itu, jangan menggunakan bahu jalan untuk istirahat dan mempersiapkan kondisi kendaraannya sebaik mungkin. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,