Banjir Rob, Pulau Untung Jawa Terancam Tenggelam?

Banjir Rob, Pulau Untung Jawa Terancam Tenggelam?

Banjir Rob terus menerjang Kepulauan Seribu, Pulau Untung Jawa terancam tenggelam? (foto - ist)

Jakarta - Ancaman tenggelam membayangi Pulau Untung Jawa, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Banjir rob dengan ketinggian 20 hingga 30 sentimeter, sudah menggenangi sebagian wilayah pulau tersebut.
 
Menurut Bupati Kepulauan Seribu Budi Utomo, genangan terjadi akibat air merembes dari bawah tanah. Genangan tersebut bukan berasal dari luapan air laut yang masuk ke daratan. "Rob di Pulau Untung Jawa hanya terjadi di wilayah dekat dermaga. Itu pun hanya karena rembesan," katanya.
 
Disebutkan, karena bukan luapan maka genangan pun tidak teerlalu berbahaya. Genangan tidak akan meluas hingga ke wilayah konsentrasi permukiman. Genangan sendiri hanya terjadi di wilayah Pedagang Kaki Lima (PKL), yang biasa berjualan di dekat dermaga yang terletak di sebelah selatan pulau.
 
Budi menyatakan, Pemerintah Kabupaten telah menginstruksikan kepada Kelurahan Pulau Untung Jawa untuk mengkaji peninggian daratan di sekitar wilayah dermaga.
 
Peninggian bisa dilakukan dengan cara menguruk tanah di wilayah Pulau Untung Jawa yang lebih tinggi. "Bila ada pengurukan, genangan akan berkurang," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,