Lokasi Proyek Interchange Tol Gedebage Disegel Warga

Lokasi Proyek Interchange Tol Gedebage Disegel Warga

Warga Perumahan Bumi Adipura menyegel lokasi rencana proyek pembangunan jalan belokan (Interchange) Tol Gedebage, Kota Bandung. (foto - ist)

BandungLokasi proyek pembangunan jalan belokan (Interchange) Tol Gedebage disegel warga Perumahan Bumi Adipura, Gedebage, Kota Bandung, karena dikhawatirkan melintasi Cluster Cemara di kawan Perumahan Bumi Adipura.

Warga melakukan unjuk rasa di halaman kantor pemasaran Perumahan Bumi Adipura (PT Multi Daya Kharisma) di dekat pintu masuk perumahan tersebut. Warga meminta pihak pengembang memberikan kepastian, terkait rencana proyek pembangunan itu yang diprkirakan akan melintasi permukiman warga Cluster Cemara.

"Kami meminta kejelasan dari pengembang, apakah proyek tol itu akan lewat atas atau di bawah. Sebab kalau di atas, kami akan terkena berbagai dampak,"  kata Agus Firmansah, salah seorang warga Cluster Cempaka Perumahan Bumi Adipura, Gedebage, Kota Bandung, Kamis (11/2/2016).

Ia mengatakan, tidak ada informasi dari pelaksana proyek pembangunan interchange untuk akses masuk atau keluar dari Tol Padaleunyi melalui Gedebage. Warga menilai, pihak kecamatan setempat tidak transparan terhadap penghuni Cluster Cempaka.

Sementara Walikota Bandung Ridwan Kamil sudah sudah menyampaikan, pembangunan interchange itu akan dilakukan di bawah perumahan. Namun warga mengaku mendapatkan informasi, pembangunan itu sesuai rencana dari Kementerian Pekerjaan Umum, yakni di atas dan melintasi samping permukiman. "Pak Wali sudah beri statement jalan bagusnya di bawah. Karena kalau di atas bebannya berat karena banyak mobil pabrik akan melintasi," katanya.

Warga lainnya, Dadan Irwan menyatakan,  proyek pembangunan yang sudah mencapai tahap tancap tiang serta pengurugan di belakang kawasan permukiman Cluster Cemara, tidak melakukan sosialisasi terlebih dahulu. Proyek pengerjaan itu dilakukan hingga dinihari, yang mengganggu warga Cluster Cemara.

"Awalnya pengerjaan proyek sampai jam lima sore, tapi malah sampai jam tiga subuh. Tentu itu sangat mengganggu kita. Belum lagi dengan keributan kendaraan, karena tidak ada sosialisasi kepada kita baik dari kecamatan maupun pengembang," keluh Dadan.

Setelah berunjuk rasa, puluhan warga pun melakukan penyegelan terhadap pembangunan interchange, yakni dengan membentangkan tiga spanduk berukuran besar bertuliskan "Proyek Ini Disegel Warga Cluster Cemara". Sementara pihak Kecamatan Gedebage belum bisa dimintai konfirmasi, terkait gelojak yang terjadi terhadap warga Kompleks Bumi Adipura.

Seperti diberitakan, Kementerian Pekerjaan Umum melalui Pemerintah Kota Bandung melakukan pembangunan pintu keluar di KM 149 Gedebage, dan proyek interchange yang melintasi Perumahan Bumi Adipura. Pembangunan itu dimulai Juli 2015 yang hingga kini belum tuntas, akibat adanya aksi berbagai penolakan dari warga sekitar. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,