'Menghangat' Warga Kalijodo Terusik Wacana Penggusuran

'Menghangat' Warga Kalijodo Terusik Wacana Penggusuran

Suasana di kawasan Kalijodo Pejagalan, Jakarta Utara 'menghangat' menjelang penggusuran oleh Pemda DKI Jakarta. (foto - ist)

Jakarta - Suasana di kawasan Kalijodo, Pejagalan, Jakarta Utara "menghangat" menjelang penggusuran oleh Pemprov DKI Jakarta. Warga pun sepertinya mulai merasa terusik oleh sejumlah pemberitaan di media massa, yang gencar memberitakan wacana penggusuran kawasan ini.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sendiri keukeuh bakal menggusur kawasan ini dalam waktu dekat. Tak pelak, isu penggusuran sudah sampai ke telinga warga di sana. Warga pun semakin ramai memperbincangkan rencana Ahok tersebut.

Bahkan, dikabarkan suasana di kawasan prostitusi itu kini tak lagi ramah. Terlebih bagi mereka yang dianggap asing dan mencurigakan yang datang ke kawasan ini. Warga Kalijodo yang tinggal di dekat kafe hiburan malam misalnya, merasa resah dengan rencana penggusuran. Mereka pun mengaku enggan dipindahkan ke rusunawa. "Padahal kami sudah tenang-tenang di sini. Ini malah diusik begini," katanya, Jumat (12/2/2016).

Sementara itu, Pemprov DKI rencananya akan melakukan sosialisasi ke warga terkait rencana penggusuran kawasan ini. Namun, hingga kini belum ada aktifitas petugas pemerintahan. Sebetulnya, suasana kawasan Kalijodo relatif normal. Warga beraktifitas seperti biasa, menyapu dan menjemur pakaian di depan rumah dan kafe. 

Lurah Pejagalan Maskur menyebutkan, tak ada kegiatan sosialisasi soal penggusuran. "Enggak ada sosialisasi penggusuran," katanya. Setelah mengadakan sosialisasi, Pemprov DKI akan melayangkan surat peringatan (SP) satu kepada warga yang menempati lahan hijau pada pekan depan. Wacana penggusuran Kalijodo mencuat usai insiden kecelakaan mobil Fortuner, yang menyebabkan empat orang tewas.

Sopir Fortuner, Riki Agung Prasetyo mengaku baru saja menghabiskan malamnya di lokasi Kalijodo. Diketahui, sejak 60 tahun lalu Kalijodo memang dikenal sebagai kawasan bisnis prostitusi. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,