Walikota Bandung Menerima Kunjungan Dubes UE

Walikota Bandung Menerima Kunjungan Dubes UE

Walikota Bandung Ridwan Kamil dan Dubes UE untuk Indonesia Vincent Guerend. (foto - ist)

Bandung - Walikota Bandung Ridwan Kamil menerima kunjungan Duta Besar Uni Eropa (UE) untuk Indonesia, Vincent Guerend. Kedatangannya ke Kota Bandung, ia ingin berdiskusi mengenai sejumlah isu, utamanya soal perkembangan Islam dan demokrasi di Indonesia khususnya Kota Bandung.

Menurut Ridwan Kamil, Indonesia dan Bandung merupakan negara dan daerah yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dan demokrasi. "Anda harus melihat kami sebagai negara demokrasi tinggi. Kami bukan Negara Islam, tapi kami negara berpenduduk Islam terbanyak di dunia. Kami dengan senang hati bisa memberikan pandangan yang baik tentang Islam yang berdemokrasi kepada UE," kata Emil, sapaan akrabnya di Balaikota, Jumat (12/2/2016).

Emil menjelaskan tentang identitas kota yang dipimpinnya. Islam dan demokrasi adalah kunci pembangunan perkotaan sebagai sebuah mesin pertumbuhan dan inovasi. Perkotaan akan menentukan nasib masa depan rakyat dan negara. Oleh karena itu, sebuah keistimewaan bagi UE untuk saling bertukar pandang dengan Pemerintah Kota Bandung.

"Kami bangga atas dukungan yang kami berikan saat peluncuran Piagam Hak Asasi Manusia Kota Bandung baru-baru ini. Kami dan para kolega sangat senang datang ke Bandung. Kota ini terkenal sebagai Parisj van Java dan tempat berlangsungnya KTT Asia Afrika yang bersejarah," kata Guerend.

Sementara itu, kunjungan pertama Guerend dimulai dengan peresmian Unit Layanan Pengadaan dan Sistem Inovatif Layanan Aduan Masyarakat Jawa Barat bersama Gubernur  Ahmad Heryawan. Kunjungan itu sekaligus memperkenalkan Eropa dan meningkatkan hubungan yang telah terjalin dengan Provinsi Jawa Barat. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,