Akses Jalan Tertimbun Longsor, Dusun di Karanganyar Terisolasi

Akses Jalan Tertimbun Longsor, Dusun di Karanganyar Terisolasi

Akses jalan tertimbun longsor, dusun di Karanganyar Jawa Tengah terisolasi. (foto - ist)

Karanganyar - Dusun Pengkok, Desa Beruk, Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah kembali dilanda longsor susulan, Jujmat (12/2/2016). Akibatnya, seekor sapi dan empat ekor kambing tertimpa longsoran dan salah satu rumah milik warga tertimbun, meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Menurut Kepala Desa Beruk, Sartono, sebelumnya longsor sudah melanda warga Dusun Pengkok, pada Kamis 11 Februari. “Namun, longsor kali ini sepuluh kali lipat lebih besar dibandingkan sebelumnya,” katanya.

Disebutkan, ketebalan tanah longsoran mencapai 10 meter. Sebanyak 140 KK atau sekitar 600 jiwa terisolasi sehubungan akses jalan antara Dusun Pengkok, Podok, dan Ngantirejo tertimbun material longsoran. Longsor juga mengakibatkan listrik padam.

“Kita upayakan malam ini juga sudah dikirim genset agar listrik bisa cepat menyala, sekaligus kita buatkan juga jalan alternatif. Meski tetap berisiko, setidaknya warga bisa keluar masuk dan tidak terisolasi,” katanya. BPBD Karanganyar telah menyiapkan posko di daerah rawan, yakni di Balai Desa Beruk dan SDN 3 Wonorejo.

"Statusnya siaga 1. Warga di daerah rawan kita evakuasi ke tempat aman. Semua posko dibuka mulai dari posko induk, posko kesehatan, dan dapur umum,” kata Kasi Kesiapsiagaan BPBD Karanganyar, Nugroho Budi Santoso. Diperkirakan, masih ada pergerakan tanah yang memicu longsor jika hujan terus mengguyur. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,