Waduk Jatigede Genangi Jalan Sumedang-Wado Terputus

Waduk Jatigede Genangi Jalan Sumedang-Wado Terputus

Waduk Jatigede meluber menggenangi badan jalan, Sumedang-Wado pun terputus. (foto - ist)

Sumedang - Jalur jalan Sumedang-Wado terputus akibat badan jalan yang berada di Blok Betok, Desa Sukamenak dan Desa Darmaraja, Kabupaten Sumedang tergenang Waduk Jatigede, setinggi lebih dari 125 cm di beberapa titik.

Berdasarkan informasi, Minggu (14/2/2016) badan jalan yang tergenang waduk tersebut diperkirakan mencapai panjang lebih dari 100 meter. Sedangkan ketinggian genangan air bervariasi antara 70-100 cm.

Praktis, arus lalu lintas dari Sumedang Kota menuju Wado dan sebaliknya tak bisa dilalui kendaraan alias terputus. "Sabtu kemarin jalan di lokasi ini masih bisa dilewati. Namun mulai sore harinya sudah tidak bisa lagi dilalui, karena Jembatan Cimuja pun sudah terendam. Mereka yang nekat menerobos, banyak yang mogok," kata Camat Darmaraja, Agus Khori.

Untuk itu,  aparat kepolisian sudah membuat rambu larangan di beberapa titik, agar kendaraan tidak melewati lokasi itu. "Banyak juga kendaraan besar yang menerobos genangan air, termasuk truk dan bis. Akibatnya banyak yang mogok. Situasi itu pun merepotkan sejumlah petugas yang berjaga di lokasi kejadian,” bebernya.

Sementara itu, pengendara tujuan Wado dan sebaliknya bisa menggunakan jalur alternatif. Yakni , dari arah Wado mulai dari Blok Betok (sebelum jalan yang genangan) bisa melalui  Jalan Desa Neglasari dan keluar dari Alun-alun Darmaraja, sepanjang 3 km. 

Berkaitan dengan itu, jajaran kepolisian dan sejumlah instansi terkait siaga di lokasi. Bahkan PMI Sumedang pun telah menyiagakan perahu karet dan memberi bantuan dan penanganan darurat kepada warga sekitar.

Sementara itu, bagi pengendaraa tujuan Kota Tasik dari wilayah Sumedang Kota dan sekitarnya, diarahkan lewat Jalan Simpang dan keluar dari Parakanmuncang Kec. Cimanggung. "Kami sudah pasang rambu potable dan spanduk untuk mengarahkan kendaraan tujuan Kota Tasik," kata Kanit Dikyasa Polres Sumedang Iptu Dana Sutisna. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,