Enam Pasang Kepala Daerah di Jabar Resmi Dilantik

Enam Pasang Kepala Daerah di Jabar Resmi Dilantik

Pelantikan enam pasang kepala daerah di Jabar di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika Bandung, Rabu (17/2/2016). (foto - ist)

Bandung Enam pasangan kepala daerah terpilih hasil pilkada serentak secara resmi dilantik Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika Bandung, Rabu (17/2/2016). Pelantikan ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang pemberhentian penjabat bupati/walikota sementara, dilanjutkan pengangkatan bupati/wakil bupati dan walikota/wakil walikota terpilih.

Pelantikan juga disaksikan langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi, para unsur Muspida Pemprov Jabar, Dirjen Otda Kemendagri, KPU Jabar, Bawaslu Jabar dan ribuan tamu undangan serta para simpatisan para kepala daerah.

Pelantikan enam kepala daerah kota/kabupaten kali ini bisa disebut sebagai sejarah baru demokrasi di Jawa Barat, karena Kabupaten Pangandaran yang tercatat sebagai daerah otonomi baru turut mengikuti pelantikan serentak dengan enam daerah lainnya.

Kabupaten Pangandaran merupakan daerah pemekaran dari kabupaten induknya, yakni Ciamis. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar di utara, Kabupaten Cilacap di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Kabupaten Tasikmalaya di barat.

Pemekaran Kabupaten Pangandaran disetujui DPR RI dan pemerintah pusat pada 25 Oktober 2012, yang ditetapkan dalam Undang-Undang pada tanggal 17 November 2012, yakni UU No 21/2012 tentang Pembentukan Kabupaten Pangandaran. Kabupaten Pangandaran resmi memiliki bupati dan wakil bupati hasil pilihan rakyat setelah dua tahun dipimpin penjabat bupati, yakni Jeje Wiradinata–Adang Hadari.
 

6 kepala daerah terpilih hasil pilkada serentak 2015 masing-masing:

1. Dadang Nasser-Gun Gun Gunawan (Bupati-Wakil Bupati Bandung)
2. Anna Sophanah-Supendi(Bupati/Wakil Bupati Indramayu)
3. Marwan Hamami-Adjo Sardjono (Bupati/Wakil Bupati Sukabumi)
4. Cellica Nurachadiana-Ahmad Zamakhsyari (Bupati Karawang-Wakil Bupati Karawang)
5. Idris Abdul Somad-Pradi Supriatna (Wali Kota Depok-Wakil Wali Kota Depok).
6. Jeje Wiradinata-Adang Hadari (Bupati Pangandaran-Wakil Bupati Pangandaran). (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,