Terkuak, Blatter Banyak Terlibat dalam Skandal Korupsi FIFA

Terkuak, Blatter Banyak Terlibat dalam Skandal Korupsi FIFA

Sepp Blatter

Zurich - Berbagai temuan menunjukkan semakin banyak fakta yang terkuak dalam skandal korupsi FIFA, yang menyeret Sepp Blatter. Blatter juga diduga terlibat dalam proses penawaran hak siaran radio, dalam gelaran Piala Dunia 2002 dan 2006.

Berdasarkan hasil laporan investigasi yang dilansir Reuters, salah seorang mantan kepala eksekutif radio berbahasa Spanyol, Joaquin Blaya mengatakan, tahun 2000 Sepp Blatter pernah berujar bahwa dirinya memiliki kuasa untuk menentukan siapa pemegang hak siar radio pada Piala Dunia 2002 dan 2006.

Sebelumnya pemegang hak siaran radio dikuasai oleh jaringan radio Cantor Futbol de Primera yang berbasis di Miami, Amerika Serikat dalam gelaran Piala Dunia 1998. Karena ada tawaran menarik untuk membeli hak siar radio, sejumlah stasiun radio lain coba mengajukan angka senilai 15 juta dolar AS, yang lebih besar dari kontrak sebelumnya dalam proses bidding.

Namun, bukannya memilih angka penawaran yang lebih besar, FIFA justru tetap memilih jaringan radio Cantor Futbol de Primera, untuk kembali mendapatkan hak siar."Ini semua dilakukan secara tertutup. Anda tidak pernah melihat kontrak. Bahkan jika Anda ingin mengetahui hak-hak dalam proses tender mereka nanti akan mengatakan, proses penawaran telah dilakukan," kata Blaya.

"Jelas terlihat, ada penyimpangan dalam proses tender," kata Blaya. Ia pun mempertanyakan bagaimana Cantor Futbol de Primera bisa memenangkan kontrak eksklusif tersebut, yang berdurasi hingga 20 tahun tersebut.

Kasus yang membelit nama Blatter itu telah memasuki sidang banding yang digelar di markas FIFA di Zurich, Swiss. Belum diketahui bagaimana nasib Blatter ke depan, bila skandal ini berhasil kembali diungkap dan ia dinyatakan benar-benar terlibat. (Jr.)**

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,