Unjuk Rasa Sambut Kedatangan Jokowi di San Fransisco

Unjuk Rasa Sambut Kedatangan Jokowi di San Fransisco

Aksi tolak reklamasi saat Presiden Jokowi mengadakan pertemuan dengan kelompok Diaspora Indonesia di Palace Of Fine Art Theater, San Fransisco, Selasa waktu setempat. (foto - ist)

San Fransisco - Kedatangan Presiden Jokowi di San Fransisco, Amerika Serikat disambut unjuk rasa sekelompok orang yang mengatasnamakan "California Againts Reclamation in Benoa Bay-Bali". Mereka berunjuk rasa dalam rangka menolak rencana PT Tirta Wahana Bali International (TWBI), mereklamasi Teluk Benoa seluas 700 hektar.

Para pengunjuk rasa tersebut merupakan orang-orang Indonesia yang berdomisili di Negara Bagian California ditambah warga AS lainnya. Menurut salah seorang peserta unjuk rasa, Gde Putra aksi tersebut sebagai bagian dari solidaritas internasional terhadap persoalan yang terjadi di Bali.

"Rencana megaproyek itu meresahkan tidak hanya warga Bali, tetapi juga orang-orang Indonesia yang berada di Amerika Serikat," katanya lewat  keterangan tertulis, Rabu (17/2/2016).

Menurutnya, proyek tersebut jelas-jelas akan merusak lingkungan dan mengubah ekosistem di sekitar teluk. Reklamasi akan mengakibatkan abrasi dan banjir rob khususnya di daerah pesisir selatan Bali. "Merusak Bali artinya melukai masyarakat internasional, karena Bali merupakan pulau yang disayang oleh masyarakat dunia," tegasnya.

Unjuk rasa itu sendiri berlangsung pada saat Jokowi mengadakan pertemuan dengan kelompok Diaspora Indonesia di Palace Of Fine Art Theater, San Fransisco AS, Selasa waktu setempat. Kedatangan Jokowi ke AS dalam rangka mengikuti KTT AS-ASEAN di Palm Springs, California. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,