19 Damkar Jinakkan Api di Kompleks Pertokoan Jaya Plaza

19 Damkar Jinakkan Api di Kompleks Pertokoan Jaya Plaza

Kompleks Pertokoan Jaya Plaza di Jalan Ahmad Yani Kosambi Kota Bandung terbakar, Minggu (21/2/2016) sore. (foto - ist)

Bandung - Sedikitnya 50 personel dari 19 unit mobil pemadam dikerahkan untuk menjinakkan kobaran api saat kebakaran melanda Kompleks Pertokoan Jaya Plaza di Jalan Ahmad Yani Kosambi Bandung, Minggu (21/2/2016) sore

Meski api sudah padam, petugas masih berupaya untuk melakukan pengecekan di bagian dalam untuk memastikan keadaan. "Ada 50 anggota di dalam, untuk memastikan titik api," kata Kepala Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung, Ferdi Ligaswara, di lokasi.

Menurutnya, 19 unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan antarfa lain berasal dari Kota Bandung sebanyak 13 unit, Kota Cimahi 3 unit, Kabupaten Bandung Barat 3 unit, serta Kabupaten Bandung satu unit

Lantai dua kompleks pertokoan Jaya Plaza yang merupakan pusat perdagangan komputer dan peralatan elektronik yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Kota Bandung, Jawa Barat terbakar.

Sejauh ini, belum diketahui adanya korban jiwa. Namun para pemilik toko elektronik komputer terus berusaha untuk menyelamatkan barang-barang berharga milik mereka, yang tersimpan di dalam toko di kompleks gedung tersebut.

Menurut penuturan warga, api muncul sekitar pukul 15.00 WIB, dari salah satu toko yang berada di lantai 2 gedung elektronik komputer tersebut. "Awalnya dari toko yang berada di pojok lantai 2, karena ini hari Minggu sehingga banyak lapak yang tutup," katanya di lokasi kejadian.

Sementara itu,  para petugas DPPK Kota Bandung telah masuk ke dalam gedung dan berusaha untuk menjinakkan api. Namun petugas terkendala dengan lapak - lapak yang tutup dan terkunci. Diperkirakan terdapat 200 lapak lebih yang berada di lantai dua gedung pusat penjualan komputer dan barang elektronik tersebut.

Asap tebal pun masih membumbung tinggi keluar dari jendela gedung, yang berada di sisi kisi gedung pertokoan elektronik tersebut. Sekitar 15 unit kendaraan pemadam kebakaran didatangkan dari Bandung dan Cimahi. Pada pukul 16.00, Walikota Bandung Ridwan Kamil pun sempat melihat langsung kebakaran di lokasi kejadian. 

Warga sekitar pun memadati jalanan, yang ingin mengetahui kejadian tersebut. Untuk itu, pihak kepolisian menutup arus lalu lintas yang melalui lokasi kejadian, seperti di wilayah Kosambi Jalan Ahmad Yani hingga kemacetan pun terjadi. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,