48 Toko Komputer Ludes Terbakar di Jaya Plaza Kosambi

48 Toko Komputer Ludes Terbakar di Jaya Plaza Kosambi

Sebanyak 48 toko komputer ludes terbakar di Kompleks Pertokoan Jaya Plaza Kosambi Bandung. (foto - jabar.tribunnews.com)

Bandung - Sedikitnya 48 toko komputer ludes terbakar, petugas pemadam pun membutuhkan waktu sekitar lima jam untuk menjinakkan api di Kompleks Pertokoan Jaya Plaza Kosambi Bandung. Dalam peristiwa itu, 19 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api.

"Kami terima laporan sekitar pukul 14.50 WIB, api baru bisa dilokalissasi sekitar pukul 20.00 WIB. Namun kami masih melakukan pendinginan, karena di lantai dua masih ada beberapa titik api," kata Kepala Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung, Minggu (21/2/2016) malam.

Menurut Ferdi, 48 toko komputer ludes terbakar. Sedangkan kerugian masih belum bisa ditaksir, dan penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

"Di dalam gedung banyak bahan yang mudah terbakar, sehingga menyulitkan kami untuk memadamkan api. Termasuk di lantai tiga eks gedung bioskop yang dijadikan sebagai gudang penyimpanan barang," katanya.

Ferdi mengatakan, puluhan titik api dengan cepat bertambah banyak karena angin yang bertiup cukup kencang masuk ke dalam gedung plaza. Tim pemadam kebakaran pun terus melakukan pemadaman, namun mereka mengalami kesulitan karena banyak toko yang tutup dan menggunakan pintu rolling door.

"Kami cukup kesulitan untuk memadamkan api, karena harus membongkar itu rolling door untuk bisa menembus ke bagian lebih dalam. Sehingga rolling door pun kami bongkar paksa," katanya. Namun, pemadam kebakaran masih bisa menyelamatkan lantai 1 dari api.

Sementara itu, Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Mokhamad Ngajib mengatakan, berdasarkan keterangan saksi penyebab kebakaran diduga dari konsleting listrik. Namun untuk memastikannya, pihaknya akan meminta bantuan pusat laboratorium forensik. "Sumber api diduga mujlai dari lantai dua gedung Jaya Plaa," kata Ngajib. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,