Bom Beruntun di Damaskus & Homs Tewaskan 140 Orang

Bom Beruntun di Damaskus & Homs Tewaskan 140 Orang

Dua ledakan bom secara beruntun yang mengguncang Kota Homs, Suriah. (foto - ist)

Damaskus -  Distrik Sayeda Zainab Damaskus Selatan dan Kota Homs diguncang empat ledakan bom secara beruntun. Akibatnya, 140 orang lebih tewas dalam aksi teror bom yang terjadi pada Minggu waktu setempat. Sementara 180 orang lainnya mengalami luka-luka. Dalam serangan empat ledakan secara beruntun itu, ISIS mengklaim menjadi pihak yang bertanggung jawab.

Laporan media pro-pemerintah setempat dan data dari kelompok monitoring menyebutkan, setidaknya ada 83 orang tewas dalam serangan di Kota Damaskus. Berselang beberapa jam Kota Homs juga diserang secara mematikan dan telah menewaskan 59 orang. Menurut seorang warga, serangan itu berada pada radius 1 kilometer (0,6 mil) dari salah satu masjid paling suci di Suriah.

Dilansir Harretz, Senin (22/2/2016) sedikitnya empat ledakan menghantam Jalan Al-tin di Sayeda Zainab kata seorang pro Damaskus Al-Ikhbariya kepada newsflash.  disebutkan, dua dari ledakan berasal dari bom mobil, dan dua lainnya diledakkkan oleh penyerang bom bunuh diri. 

Sementara itu, TV lokal di wilayah tersebut mengatakan, ledakan juga terjadi di dekat Rumah Sakit Al-sadr di Sayeda Zeinab. Kota Homs sebelumnya sudah diserang sebanyak tiga kali sejak Desember. Dengan demikian, ledakan kali ini merupakan yang keempat.

Sekretaris Negara AS Jhon Kerry menyebutkan, pihaknya telah mencapai kesepakatan dengan Menteri Luar Negeri Suriah Sergei Lavrov, agar menghentikan permusuhan dan gencatan senjata di Suriah. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,